Cara Menyampaikan Kritik Pada Anggota Tim Kerja | Qerja

Cara Menyampaikan Kritik Pada Anggota Tim Kerja

Eka Utami, 2 years ago
Cara Menyampaikan Kritik Pada Anggota Tim Kerja

Saat ditunjuk menjadi pemimpin tim satu proyek, mungkin Anda merasa senang dan bersemangat. Anda berjanji pada diri sendiri akan bekerja keras. Anda akan mendorong rekan kerja untuk bahu-membahu sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Masalahnya, anggota tim Anda adalah rekan kerja yang satu level. Dia yang duduk di sebelah meja Anda. Bedanya, kali ini, posisi Anda sedikit lebih tinggi dari mereka. Anda menjadi canggung. Anda merasa belum bisa memimpin tim yang terdiri dari orang-orang hebat ini. Jika ada kesalahan, apakah Anda pantas menyampaikan kritikan?

Pertama-tama Anda harus tenang. Yakinlah bahwa Anda mampu memimpin tim ini. Mantan Eksekutif Google, Kim Scott menulis saran-saran untuk para pimpinan tim di bukunya yang berjudul Radical Candor. Menurut dia, atasan, manajer, bos, atau apapun sebutannya harus terbuka, jujur, dan menyampaikan feedback pada rekan kerja secara langsung. Berikut tips menyampaikan kritik pada rekan kerja satu tim seperti disarikan dari Inc-asean.com.

Hal yang harus dilakukan

qc-jkt-2019

To the point. Kalau ada kesalahan, ya katakan saja secara terang-terangan. Setelah itu, langsung bahas solusi penyesaian masalah. Dengan begitu, masalah akan lebih cepat selesai.

Sebagian pemimpin bersikap hati-hati saat menghadapi suatu masalah. Ketika bertemu dengan anggota tim yang membuat kesalahan, mereka akan menimbang cara bersikap. Di satu sisi, mereka harus memberitahu kesalahan. Tapi, mereka juga tidak mau melukai harga diri dan menurunkan motivasi rekan kerja. Maka, yang terjadi adalah mereka bicara bertele-tele dan berbunga-bunga. Kalimat bersayap sulit dimengerti sehingga rekan kerja mungkin tidak menangkap inti pembicaraan.

Percaya diri. Anda harus percaya diri pada setiap kata yang disampaikan. Anda yakin bahwa rekan kerja melakukan kesalahan. Jangan meninggalkan tanda tanya di belakang kalimat. Misalnya, Anda mengakhiri dengan kalimat, “Bukan begitu yang seharusnya?” Lalu Anda menunggu rekan kerja mengiyakan masukan Anda. Dengan begitu, Anda akan terlihat memertanyakan kebijakan dan penilaian diri sendiri.

Mengawal pekerjaan. Tugas Anda tidak selesai saat keluar dari ruang kantor. Tugas Anda adalah bekerja sama dengan orang yang baru saja dikritik. Anda tidak bisa hanya percaya pada janji. Anda harus menindaklanjuti apakah dia melaksanakan saran yang telah diberikan. Tetaplah terikat. Jika dia gagal, mungkin Anda yang salah menyampaikan pengarahan. Anda juga punya tanggung jawab besar untuk mengawal kerja tim. Tapi hal ini bukan berarti mengawasinya setiap hari. Namun, mintalah laporan selama periode tertentu.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next