Ask the Expert: Etika Menggabungkan Pekerjaan dan Bisnis Pribadi | Qerja

Ask the Expert: Etika Menggabungkan Pekerjaan dan Bisnis Pribadi

Steffi Teowira, 2 years ago
Ask the Expert: Etika Menggabungkan Pekerjaan dan Bisnis Pribadi

“Saya adalah karyawan MT di salah satu perusahaan roti. Saat ini saya sudah bekerja 14 bulan dari perjanjian kontrak kerja 24 bulan dengan pinalti 15 juta. Perusahaan tempat saya bekerja butuh telur dengan kuantitas yang banyak untuk supply, sementara saat ini saya dan teman mengelola perusahaan distributor telur. Kebetulan saya juga bekerja sebagai penanggungjawab PPIC dan Administration.

Berdasarkan tanda tangan kontrak, kita dilarang untuk bekerja di luar selain di perusahaan ini. Yang saya mau tanyakan, apakah saya harus resign demi kelancaran usaha distributor kami atau tetap bekerja diam-diam?” – Rio


 

Hai Rio,

Dari segi moral dan SOP yang berlaku, kalau kamu atau temanmu memasok telur dari perusahaan distributor milik kalian, itu namanya KKN dan bisa dianggap pelanggaran serius. Jika kamu serius mau mengembangkan usahamu ini, salurkan produkmu ke perusahaan lain dulu untuk saat ini.

qc-jkt-2019

Karena masih terikat kontrak, selesaikan saja dulu tugas sebagai penanggung jawab PPIC. Lagipula, kamu bisa belajar banyak dari dalam perusahaan semasa kamu menjadi MT. Pengalaman ini juga bisa bermanfaat untuk membangun strategi bisnis kelak.

Nanti setelah periode kontrak sudah habis dan masih berniat menyalurkan produk ke perusahaan yang ini, silahkan keluar untuk fokus pada usahamu. Tapi untuk saat ini, baiknya jangan coba-coba.

ask the expert



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next