Menjadi Atasan Bagi Si Perfeksionis | Qerja

Menjadi Atasan Bagi Si Perfeksionis

Eka Utami, 2 years ago
Menjadi Atasan Bagi Si Perfeksionis

Anda pernah punya pegawai yang perfeksionis? Dia adalah bawahan yang cemerlang dan berbakat. Dia hebat saat menangani tugas yang perlu ketelitian. Dia punya standar yang tinggi atas pekerjaannya sendiri.

Meski begitu, saat Anda memberi tugas, dia seringkali terlambat. Bukan karena dia tidak bisa mengerjakannya. Tetapi, si perfeksionis terlalu fokus pada detail yang mungkin tidak relevan dengan tujuan utama. Dia tidak mau berbagi tugas dengan orang lain. Dia bahkan menulis kembali laporan yang dianggap kurang sempurna. Akhirnya, dia selalu melanggar deadline.

Jika Anda menjadi atasan dari seorang perfeksionis, apa yang harus dilakukan? Pertama, Anda harus memahami perfeksionisme itu sendiri. Berikut penjelasan tentang perfeksionisme seperti disarikan dari Mindtools.com.

Apa itu perfeksionisme?

qc-jkt-2019

Kata “Perfeksionisme” adalah atribut yang diberikan untuk orang yang selalu mengerjakan pekerjaan tanpa cela. Mereka membuat standar tinggi yang tidak realistis untuk diri sendiri. Si perfeksionis sangat kritis atas apa yang mereka lakukan. Bahkan, saat melakukan pekerjaan dengan baik, mereka akan menemukan kesalahan.

Mungkin Anda juga salah seorang yang mengutamakan kesempurnaan pada pekerjaan. Zero mistake. Anda bisa beradaptasi dengan sifat perfeksionis. Anda akan menjadi orang yang optimis dan selalu memerbaiki pengetahuan dan keterampilan. Anda juga tahu kapan harus berhenti dan menyerahkan tugas yang sdah dikerjakan.

Tapi, ada orang yang tidak bisa beradaptasi perfeksionisme dalam dirinya. Mereka menjadi terlalu takut akan kegagalan. Mereka tidak pernah puas atas apa yang telah dikerjakan. Mereka tidak bahagia dan selalu cemas. Mereka terobsesi untuk mencapai kesempurnaan.

Sebagai manajer, Anda harus tahu cara mengelola tim dengan baik. Jika ada seorang anggota tim yang terlalu perfeksionis, maka akan berdampak buruk pada kinerja kelompok. Sebab, ada satu bagian kerja yang akan terhambat. Berikut tips mengola si perfeksionis.

Bantu mereka menyadarkan diri

Si perfeksionis seringkali tidak menyadari kalau perilakunya mengganggu orang lain. Mereka mengabaikan deadline dan membuat kesal anggota tim lainnya. Maka, sebagai pemimpin tim, Anda harus menyadarkannya. Caranya dengan berbicara langsung pada si perfeksionis. Anda bisa memberi tahu bahwa sikapnya akan berdampak buruk pada penilaian performa. Bukan saja penilaiannya sendiri, tapi juga orang lain.

Tapi, Anda juga harus sensitif saat memberikan kritik. Anda bisa bilang bahwa si perfeksionis sebenarnya adalah aset berharga dalam tim. Anda boleh memberikan penghargaan atas upayanya selama ini, Dia yang selalu mengingatkan saat ada kesalahan kecil yang tidak disadari. Dia juga tidak pernah mendapat penilaian buruk atas pekerjaannya.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next