Cara Bangkit Setelah Gagal Dapat Promosi | Qerja

Cara Bangkit Setelah Gagal Dapat Promosi

Eka Utami, 2 years ago
Cara Bangkit Setelah Gagal Dapat Promosi

Ketika Anda telah melakukan pekerjaan dengan baik, maka terbersit harapan mendapat promosi di dalam hati. Anda merasa selalu menjadi andalan di dalam tim. Anda menyelesaikan setiap tugas tepat waktu. Proyek Anda selalu berhasil. Bahkan, Anda membantu mendorong kemajuan perusahaan. Maka, rasanya tak berlebihan kalau Anda berharap naik gaji dan jabatan.

Sementara itu, Anda juga melihat gelagat positif dari atasan. Dia memercayakan tugas berat pada Anda. Bahkan beberapa pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh orang yang pangkatnya lebih tinggi. Anda pikir, mungkin si bos sedang melatih Anda untuk mengerjakan proyek yang lebih besar. Perasaan Anda begitu berbunga. Anda sangat yakin sebentar lagi akan mendapat kabar bahagia.

Namun, saat tiba waktunya evaluasi bulanan, bukan promosi yang Anda terima. Atasan mengatakan kalau kinerja Anda sudah baik. Hanya saja nilai Anda kurang sempurna sehingga tidak cukup layak mendapat kenaikan jabatan. Anda tentu merasa kecewa. Tapi, jangan berduka terlalu lama. Berikut cara bangkit dari kegagalan mendapat promosi seperti disarikan dari Monster.com.

Jaga emosi

Anda pasti merasa kecewa karena tidak mendapat kesempatan promosi yang sudah diidam-idamkan. Bahkan, Anda bisa sampai depresi. Anda mengekspresikannya dengan cara marah-marah di tempat kerja dan di rumah. Seharusnya, ketika kecewa, Anda harus dapat mengendalikan emosi. Pertama, Anda harus menarik nafas dalam-dalam. Kemudian, Anda bisa melakukan aktivitas untuk menenangkan diri seperti spa di salon, mengikuti kelas yoga atau berjalan-jalan di taman. Jika ada waktu, Anda bisa mengerjakan hobi dan kegiatan menyenangkan lainnya.

Bertanya pada pengambil keputusan

Setelah merasa tenang, Anda bisa mendatangi atasan yang memutuskan menunda promosi Anda. Mungkin dia bukan atasan langsung, yang melihat kinerja Anda sehari-hari. Tetapi dia adalah bos besar yang membawahi banyak divisi. Jadi, dia punya sudut pandang yang lebih luas.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next