Ask the Expert: Dimutasi Tanpa Alasan Jelas | Qerja

Ask the Expert: Dimutasi Tanpa Alasan Jelas

Steffi Teowira, 2 years ago
Ask the Expert: Dimutasi Tanpa Alasan Jelas

“Saya bekerja di salah satu perusahaan pembiayaan kurang lebih sudah 3 tahun. Saya selalu mencapai target yang diinginkan perusahan. Namun entah kenapa tanpa alasan yang jelas, saya dimutasi di tempat yang tidak pernah target. Memang sudah biasa dalam perusahaan ada mutasi karyawan, tapi kali ini  tanpa ada konfirmasi yang jelas tentang alasan saya dipindah. 

Atasan saya berkilah karena partner perusahaan yang meminta. Padahal saat saya pamit pada partner perusahaan, mereka berusaha mempertahankan saya. Karena itu, saya dituduh atasan memprovokasi partner. Atasan saya sering mencari-cari kesalahan, bahkan performa kerja yang baik pun seperti tidak dianggap dan ketika ada kesalahan kecil seolah-olah terjadi kesalahan yang besar. Apa yang harus saya lakukan? Kalau saya resign, nanti dikira karena masalah mutasi, padahal masalahnya sebenarnya tidak sesimpel itu. Terima kasih.” – Fitri


 

Hai Fitri,

Di setiap kasus serupa, tentu ada dua sudut pandang berbeda. Kamu punya alasan sendiri dan atasanmu sepertinya juga punya alasan sendiri. Jika memungkinkan, ajak bicara atasan empat mata untuk menanyakan kejelasan dan sampaikan pendapatmu, terutama jika dirasa selama ini selalu mencapai target.

qc-jkt-2019

Sebetulnya di titik ini, kamu juga sudah mendedikasikan keahlianmu selama 3 tahun. Jika merasa diperlakukan tidak adil, kamu boleh mempertimbangkan untuk mencari peluang baru di tempat lain. Soal alasan keluar, kamu berhak menyampaikan sisi ceritamu pada perusahaan baru, tapi hindari menjelek-jelekkan perusahaan lama agar tidak dianggap tak profesional.

ask the expert

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next