Musik untuk Berbagai Tipe Pekerjaaan | Qerja

Musik untuk Berbagai Tipe Pekerjaaan

Eka Utami, 3 years ago
Musik untuk Berbagai Tipe Pekerjaaan

Saat Anda merasa kantor terbuka begitu bising dengan suara orang mengobrol, pasti Anda memilih menutup telinga dengan earphone. Anda menyetel musik kesukaan aga bisa fokus bekerja. Rekan kerja pun paham kalau Anda sedang tidak mau diganggu.

Ya, mendengarkan musik favorit memang bisa membuat Anda lebih bahagia. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Music Therapy musik yang menjadi kegemaran Anda bisa menurunkan ketegangan. Anda juga bisa lebih produktif di tengah-tengah situasi stres. Anda bisa mendapat manfaat lebih banyak dari musik jika tahu caranya. Berikut tips memilih musik yang tepat untuk setiap pekerjaan di kantor dari Lifehacker.com.

Pilih musik yang pernah didengar untuk mengerjakan tugas sederhana

Sebuah penelitian membuktikan bahwa musik bisa membantu meningkatkan produktivitas seseorang yang sedang mengerjakan tugas repetitif dan membosankan. Jadi, jika And aharus melakukan pekerjaan monoton, seperti menjawab email atau menyalin data, maka pasang earphone Anda dan putar musik yang sering didengar. Mungkin Anda bisa memilih lagu-lagu “top 40” untuk pekan ini. Lagu-lagu yang selalu dinyanyikan di televisi, dan disenandungkan banyak orang. Anda akan mengerjakan tugas dengan cara yang menyenangkan. Waktu akan berlalu begitu saja, dan tanpa terasa, tugas Anda sudah selesai.

Pilih musik instrumental untuk mengiringi pekerjaan yang kompleks

Saat Anda harus memelajari dokumen proyek, maka Anda butuh konsentrasi penuh. Suara sedikit saja bisa mengganggu. Sebab, otak Anda harus bekerja keras untuk memahami data dan fakta. Anda akan sulit membagi otak Anda untuk memikirkan pekerjaan dan mendengarkan musik. Maka, sebaiknya, Anda membaca berkas dalam suasana yang hening.

Namun, ketika Anda harus melakukan tugas kompleks dan butuh konsentrasi di tengah kantor yang berisik, maka Anda bisa menutup telinga dengan earphone. Anda bisa memasang musik klasik atau instrumental tanpa vokal penyanyi. Musik jenis ini bisa meningkatkan performa mental.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next