Benarkah Lulusan PTN Lebih Berpeluang di Dunia Kerja? | Page 2 | Qerja

Benarkah Lulusan PTN Lebih Berpeluang di Dunia Kerja?

Steffi Teowira, 3 years ago
Benarkah Lulusan PTN Lebih Berpeluang di Dunia Kerja?

PTN versus PTS

Satu argumen dalam menimbang antara PTN dan PTS adalah perkara jurusan: jurusan yang dipilih sesuai keahlian dan industri yang dibidik jauh lebih penting dari jenis perguruan tinggi. Katakanlah perusahaan teknologi sedang mencari programmer. Kandidat dari sebuah PTS dengan fokus terhadap pengembangan IT tentu lebih diminati dibanding kandidat dari, misalnya, PTN yang terkenal program sainsnya. Begitu pula sebaliknya. Selain itu, faktor IPK tentu juga perlu menjadi pertimbangan.

Namun universitas kini tak cukup hanya sebagai institusi menuntut ilmu lebih tinggi. Mereka juga diharapkan bisa menjadi inkubator yang mempersiapkan murid-murid memasuki dunia kerja, terutama untuk menjawab tuntutan perusahaan terhadap penguasaan soft skill para fresh graduate.

Nama besar PTN memang ramai dianggap bisa memberi kemulusan jalan karier di lingkaran tertentu dan career center juga mulai bermunculan di banyak PTN ternama. Meski begitu, tidak sedikit juga universitas swasta yang menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk menyalurkan kandidat magang atau pegawai.

Terutama di komunitas startup digital yang sarat fleksibilitas, konsep “almamater besar pasti menghasilkan kandidat pegawai berkualitas” bisa dibilang minim pendukung.

Bloomberg pernah mengadakan riset perbandingan terhadap kualitas pegawai lulusan universitas-universitas Ivy League terhadap universitas lain. Menariknya, lulusan universitas elit ternyata tidak unggul jauh dalam hal kemampuan berpikir secara analitik.

Di sektor kemampuan kerja sama, adaptasi, kemampuan komunikasi, dan soft skill penting lainnya, lulusan Ivy League juga memperoleh skor rata-rata, tidak lebih tinggi dibanding lulusan universitas lainnya.

Meski riset serius serupa belum ada di Indonesia, setidaknya hasil penemuan Bloomberg bisa menjadi indikasi kalau nama besar sebuah perguruan tinggi tidak menjadi jaminan lulusannya akan siap kerja dan berkualitas tinggi. Terlebih lagi, perusahaan yang masih berpegang pada asumsi ini berisiko kehilangan peluang mempekerjakan talenta berbakat.

 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next