Empat Tips Berkarier di Bidang Sales Tanpa Pengalaman | Qerja

Empat Tips Berkarier di Bidang Sales Tanpa Pengalaman

Steffi Teowira, 2 years ago
Empat Tips Berkarier di Bidang Sales Tanpa Pengalaman

Lebih dari sekedar komisi tinggi, ada berbagai keuntungan bisa Anda raup dengan karier di bidang sales. Mulai dari koneksi yang kaya hingga pengalaman dan keahlian yang bisa ditransfer ke bidang apapun. Tidak heran kalau sales kian diminati sebagai sektor pilihan fresh graduates.

Baik Anda lulusan baru yang minim pengalaman atau kaum profesional tanpa latar belakang di dunia sales, peluang tetap terbuka untuk Anda. Cara-cara menulis CV dan wawancara tanpa pengalaman sudah pernah kami jabarkan. Kali ini, khusus untuk bidang sales, berikut tipsnya.

1. Sesuaikan minat dengan area yang dilamar

Ya, Anda memang melamar untuk masuk departemen sales, tapi tidak semua sektor sales sama di semua industri. Menjual produk makanan tentu berbeda dengan produk travel. Meski Anda tidak punya pengalaman sebagai pegawai sales, Anda bisa mendapat nilai plus jika punya ketertarikan atau pengalaman di bidang perusahaan yang Anda lamar. Misalnya, bagian penjualan tiket dan merchandise sebuah klub sepak bola tentu akan tertarik untuk menemui seorang kandidat yang mengaku soccer lover.

Karena itu, utak atik CV Anda agar minat atau keahlian Anda di bidang yang Anda lamar menarik perhatian. muncul di CV atau saat wawancara agar bisa menjadi nilai jual.

2. Benar-benar memahami produk dan target

Tak cukup hanya memiliki ketertarikan, bekali diri dengan ilmu terkait industri tujuan, mulai dari kondisi pasar yang dibidik, demografi konsumer, hingga proyek-proyek terbaru perusahaan. Cara terbaik adalah menjalin hubungan dengan anggota sales di perusahaan tersebut atau bicara dengan rekan Anda yang bekerja di bidang serupa untuk mendapat info. Tidak ada salahnya juga kalau Anda mulai membaca-baca mengenai teknik dan tren penjualan terbaru, beserta trik sales yang ampuh.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next