Mengapa Manajer Perlu Mendorong Pegawai Kembali ke Sekolah? | Qerja

Mengapa Manajer Perlu Mendorong Pegawai Kembali ke Sekolah?

Eka Utami, 3 years ago
Mengapa Manajer Perlu Mendorong Pegawai Kembali ke Sekolah?

Hampir semua perusahaan menghadapi masalah retensi karyawan. Manajemen berusaha sekuat ungkin untuk merekrut tenaga ahli terbaik dan memertahankannya. Salah satu caranya dengan menciptakan kepuasan kerja pegawai. Namun, untuk menumbuhkan loyalitas pegawai tidak cukup hanya dengan memberi gaji yang besar, tunjungan, dan keuntungan materil lainnya. Pegawai juga butuh penghormatan, tantangan, dan apresiasi atas hasil kerja.

Bagaimana cara membuat pegawai tetap betah di kantor? Salah satunya dengan mengizinkan mereka kembali ke sekolah.

Mungkin manajer masih merasa dilema saat ada seorang karyawan yang minta izin untuk cuti selama satu-dua tahun demi mendapat gelar master. Pihak manajemen perusahaan berpikir kalau pegawai akan pergi setelah menyelesaikan masa pendidikannya. Mungkin mereka tidak akan langsung resign setelah masuk kerja. Tapi, mereka menunggu selama enam bulan sampai satu tahun di kantor –sesuai peraturan perusahaan- sebelum akhirnya “pindah kapal” ke tempat kerja lain.

Kalau sampai pegawai pindah kerja setelah sekolah, tentu manajemen akan merugi. Kerugian pertama, mereka harus kekurangan tenaga kerja selama pegawai bersekolah. Pada akhirnya menyebabkan produktivitas menurun. Kedua, mereka harus merekrut pegawai baru saat karyawan lama resign.

Tunggu, jangan berprasangka buruk terlebih dahulu. Mulai sekarang cobalah untuk ikhlas melepas pegawai pergi sekolah.Saat Anda berinvestasi pada sumber daya manusia, maka Anda akan mendapat keuntungan lebih besar daripada yang diduga. Berikut beberapa alasan mengapa manajemen perlu mendorong pegawai kembali ke sekolah seperti disarikan dari Profitguide.com.

Pegawai merasa lebih dihargai

Saat Anda mengizinkan pegawai pergi bersekolah, maka mereka akan merasa dihargai. Anda memberi sinyal bahwa manajemen berkomitmen pada perkembangan karier pegawai di perusahaan. Pegawai juga akan memandang masa depan yang lebih cerah di kantornya. Dia menaruh harapan tinggi. Dia berpikir akan mendapat peran dan tanggung jawab lebih besar, serta posisi lebh tinggi saat kembali ke kantor nanti. Dengan begitu, manajemen telah menciptakan angkatan kerja yang produktif dan bahagia.

Perusahaan bisa mengikuti perkembangan zaman



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next