Karakteristik Tenaga Kerja Generasi X | Qerja

Karakteristik Tenaga Kerja Generasi X

Eka Utami, 3 years ago
Karakteristik Tenaga Kerja Generasi X

Selama ini, kita banyak membahas tentang generasi millenial yang begitu pintar dan dinamis di tempat kerja. Kita juga mencari tahu bagaimana cara menyelaraskan hubungan anak-anak muda kreatif tersebut dengan generasi baby boomer yang konvesional. Tapi, kita melupakan bahwa ada satu generasi di antara mereka: generasi X.

Generasi X lahir sekitar tahun 1964-1980. Saat ini, generasi X mungkin sudah menduduki beberapa posisi penting di perusahaan besar. Generasi X adalah orang-orang yang mewarisi budaya kerja, pengalaman, pengetahuan, dan kebijaksanaan baby boomer yang akan pensiun. Mereka akan meneruskan tradisi positif pada generasi millenial. Mereka bertugas mengelola dua generasi yang berbeda karakteristik.

Bagaimana karakteristik tenaga kerja generasi X itu sendiri? Berikut ulasannya seperti disarikan dari Thebalance.com.

Generasi X bersifat Individualis

Generasi X lahir di era di mana sudah banyak wanita yang mulai bekerja. Ayah dan ibunya punya penghasilan. Keluarga mereka lebih sejahtera. Saat ibu bekerja, anak-anak diurus oleh orang lain. Mereka diajarkan untuk bisa lebih mandiri. Akhirnya, anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang independen dan banyak akal. Pegawai dari generasi X menghargai kebebasan dan tanggung jawab di tempat kerja. Mereka tidak mau terkekang sehingga seringkali meremehkan otoritas dan jam kerja yang terstruktur. Generasi X juga tidak suka terlalu diawasi dalam bekerja.

Generasi X bisa beradaptasi dengan teknologi

Kita sering mendengar keluhan tentang generasi baby boomer yang terlalu konvensional dan kolot. Mereka sulit menggunakan aplikasi komputer sehingga menghambat pekerjaan. Sementara generasi millenial bisa menguasai teknologi baru dengan sangat cepat.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next