Ketika Anda akan Melanggar Deadline Pekerjaan | Qerja

Ketika Anda akan Melanggar Deadline Pekerjaan

Eka Utami, 2 years ago
Ketika Anda akan Melanggar Deadline Pekerjaan

Rencaa pekerjaan Anda tidak selalu sesuai harapan. Mungkin Anda telah menghitung hari. Anda menjanjikan pada atasan akan mengumpulkan laporan beberapa hari lagi. Namun, tiba-tiba ada pekerjaan lain yang menyela, sehingga Anda tidak bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Selain itu, bisa saja menjelang hari H, Anda merasa tidak enak badan sehingga produktivitas harian menurun.

Beberapa hari sebelum deadline, Anda sudah tahu kalau akan gagal memenuhi janji. Berdasarkan perhitungan, apapun strateginya, Anda tidak akan bisa merampungkan pekerjaan tepat pada waktunya. Lalu, bagaimana Anda bertanggung jawab pada atasan, klien atau rekan kerja yang menunggu hasil kerja Anda? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Anda tahu akan melanggar deadline pekerjaan seperti disarikan dari Themuse.com.

Memberi notifikasi di awal

Saat Anda mengaakan bahwa tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, maka atasan, klien, dan rekan kerja akan kecewa. Keterlambatan Anda bisa saja mengganggu ritme kerja mereka. Anda bisa saja dipandang sebagai orang yang tidak profesional.

Tapi, Anda tidak boleh memberikan harapan palsu. Anda harus tetap memberikan notifikasi pada mereka. Anda bisa meminta mereka mengundurkan batas waktu pengumpulan tugas.

Jika atasan, klien, dan rekan kerja kecewa atau bahkan marah, maka hadapilah. Namun, di saat bersamaan mereka menghargai kejujuran Anda. Mungkin mereka juga memahami kesulitan Anda karena pernah berada di posisi yang sama.

Menjelaskan alasan keterlambatan

Setelah memberikan notifikasi, Anda juga harus menjelaskan alasan keterlambatan. Anda harus jujur. Jangan menyalahkan faktor eksternal seperti kerusakan komputer. Jika demikian, Anda bisa terlihat seperti orang yang tidak kreatif dan tidak mau berusaha mencari jalan keluar. Jelaskan saja bahwa Anda kesulitan menyelesaikan satu bagian dalam laporan yang sedang dikerjakan. Ternyata, perhitungan Anda salah. Ternyata, Anda butuh waktu lebih banyak untuk merampungkan tugas.

Berikan pilihan dan bonus tambahan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next