Ingin Jadi Manajer Hebat? Cobalah Ubah Cara Bicara | Qerja

Ingin Jadi Manajer Hebat? Cobalah Ubah Cara Bicara

Eka Utami, 4 years ago
Ingin Jadi Manajer Hebat? Cobalah Ubah Cara Bicara

Mungkin Anda pernah datang ke sebuah konferensi karena tertarik mendengarkan pemaparan seorang keynote speaker. Anda telah lama mengagumi pembicara tersebut, membaca buku-bukunya, dan mendapat inspirasi dari quote-nya.Namun, setelah pembicara tersebut mulai berbicara, Anda malah merasa bosan. Anda mulai mengecek pesan-pesan di telepon seluler. Kemudian, akhirnya Anda pergi meninggalkan ruangan.

Mengapa pembicara tersebut gagal mendapat perhatian peserta konferensi? Mengapa dia tidak bisa menyampaikan materinya dengan baik? Mungkin karena dia tidak memerhatikan cara bicaranya.

Pelajaran berbicara penting untuk Anda yang seringkali harus presentasi di depan atasan atau klien. Hal ini juga menjadi bekal buat Anda yang baru menjadi manajer. Salah satu hal yang membuat pimpinan dihormati dan disegani adalah kharisma yang dipancarkan saat berbicara. Sebagai atasan, Anda tentu ingin setiap arahan diikuti bawahan, setiap saran didengarkan oleh staf.

Maka, mulai sekarang belajarnlah untuk memerbaiki cara bicara agar Anda bisa menjadi manajer yang lebih sukses. Penelitian menunjukkan bahwa bahasa tubuh dan nada suara bisa memerlihatkan perasaan kita saat berbicara. Anda harus membuat suara tampak “hidup” agar bisa dipercaya oleh lawan bicara. Anda bisa memainkan intonasi vokal untuk memengaruhi orang lain. Misalnya, dengan memberi penekanan pada saat menyampaikan poin penting.

Ada tiga elemen penting yang bisa membuat lawan bicara atau peserta presentasi tetap terbangun, terikat, dan paham:

Volume. Keras atau lembut.

Nada. Tinggi atau rendah.

Kecepatan. Cepat atau lambat.

Anda bisa mengkombinasikan ketiga elemen ini untuk meningkatkan kemampuan pidato dan berbicara. Berikut tips mengubah cara bicara seperti disarikan dari Inc-asean.com.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next