Lima Langkah Perencanaan Keuangan Sebelum Merubah Karier | Qerja

Lima Langkah Perencanaan Keuangan Sebelum Merubah Karier

Steffi Teowira, 1 year ago
Lima Langkah Perencanaan Keuangan Sebelum Merubah Karier

Perubahan besar-besaran di dunia karier, baik itu berhenti bekerja, pindah industri, bahkan pindah ke luar daerah, seringkali menuntut Anda juga merombak kehidupan personal.

Untuk mengejar karier impian atau langkah selanjutnya dalam jenjang karier Anda, bukan tidak mungkin Anda harus mengubah beberapa hal dan memaksa Anda keluar dari zona nyaman. Skala perubahan ini bisa kecil atau besar, namun kondisi finansial Anda tentu tak luput terkena efeknya, setidaknya dalam jangka waktu pendek.

Jauh-jauh hari sebelum memutuskan untuk banting setir merubah jalan karier, pastikan Anda mempraktekkan sejumlah langkah-langkah mengatur keuangan agar transisi Anda berjalan mulus bagi Anda dan keluarga.

1. Memperbesar penghasilan.

Jika selama ini Anda hanya tergantung pada satu sumber penghasilan, tentu saja akan menghambat Anda melakukan career leap karena risikonya lebih besar. Minimalisir risiko dengan menambah peluang penghasilan, bisa dengan bentuk kerja paruh waktu, kerja proyek, atau cara lainnya, terlebih menjelang perpindahan karier.

Kesibukan-kesibukan ini mungkin akan memotong waktu santai dan waktu Anda bersama keluarga. Tapi ingat, pekerjaan sampingan ini hanya bersifat jangka pendek hingga Anda mempersiapkan safety net cukup untuk transisi karier yang lebih mulus.

2. Buka tabungan

Anda tentu tahu kalau budget keuangan yang sehat selalu punya porsi untuk dana darurat. Jika berencana kelak melakukan perpindahan karier, buat dana darurat terpisah khusus sebagai persiapan. Selayaknya tabungan darurat, buka akun terpisah untuk menampung dana pergantian karier. Sumbernya bisa dari bonus atau penghasilan Anda dari kerja sampingan, apa saja asal disiplin.

Berapa yang harus Anda simpan? Nominalnya berbeda sesuai kebutuhan, namun umumnya, persiapkan sekitar 5, 6 bulan tabungan yang bisa menutupi kebutuhan sehari-hari jika rencana karier baru Anda tidak langsung memberi asupan gaji bulanan memadai.

3. Perhitungkan budget masa depan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next