5 Kelebihan Kerja Sebagai Pegawai BUMN | Qerja

5 Kelebihan Kerja Sebagai Pegawai BUMN

Qerja, 2 years ago
5 Kelebihan Kerja Sebagai Pegawai BUMN

Bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi dambaan para sarjana lulusan perguruan tinggi. Gak percaya? Coba saja tengok bursa lowongan kerja yang diikuti perusahaan-perusahaan plat merah itu, baik di kampus atau di Jakarta Convention Center Senayan. Peminatnya selalu bejibun. 

Sebenarnya apa yang diharapkan para pencari kerja dari sebuah perusahaan BUMN? Mengapa mereka berduyun-duyun menyerbu bursa lowongan kerja yang diikuti perusahaan BUMN? 

Nah, berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang hanya bisa kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan BUMN. Apa saja? Yuk kita kupas satu per satu.

Jenjang Karier

Kepastian jenjang karier menjadi alasan utama para pencari kerja melamar ke perusahaan BUMN, selain alasan gaji. Posisi atau jabatan dalam pekerjaan berbanding lurus dengan gaji. Semakin tinggi jabatan maka gaji juga akan ikut meningkat. Tak bisa dipungkiri, karier mulus dan gaji tinggi menjadi dambaan para pencari kerja. Dan, dua hal ini bisa didapatkan jika bekerja di perusahaan BUMN.     

Tunjangan dan Asuransi 

Bagi Anda yang sudah berkeluarga, tunjangan, bonus dan asuransi akan sangat dibutuhkan karena Anda ingin merasa secure. Tunjangan, bonus dan asuransi akan membuat Anda bekerja dengan nyaman. Biasanya perusahaan tak hanya memberikan jaminan kesehatan untuk karyawannya saja, tapi juga keluarga si karyawan. Tidak ada seorangpun yang menginginkan keluarganya sakit, tapi jika itu menimpa keluarga Anda maka jaminan asuransi dari perusahaan akan sangat menolong saat ditimpa musibah.

Di samping asuransi, bonus Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji ke-14 dan gaji ke-13 sangat dinantikan karyawan. Gaji ke-13 dan 14 ini menjadi kelebihan bekerja di perusahaan BUMN. Belum lagi, perjalanan dinas yang dibiayai perusahaan jika Anda harus melakukan tugas ke luar kota atau ke luar negeri.  

Jaminan Hari Tua

Satu hal keistimewaan bekerja di perusahaan BUMN Anda tak perlu was-was perusahaan akan mengalami bangkrut. Sebab, modal perusahaan BUMN disetor oleh negara. Artinya, selama negara ini berdiri maka BUMN tersebut akan tetap ada. Berbeda dengan bekerja di sektor swasta yang tidak ada jaminan kepastian. Jika perusahaan merugi terus menerus bisa dipastikan perusahaan akan tutup dan karyawan bernasib jadi pengangguran. 

Selain itu, karyawan perusahaan BUMN akan mendapatkan pesangon dan tunjangan pensiun setelah memasuki masa pensiun. Bedanya, pesangon dibayarkan hanya satu kali dan jumlahnya lebih besar daripada tunjangan pensiun. Sedangkan, tunjangan pensiun jumlahnya lebih kecil jika dibandingkan dengan pesangon tapi dibayarkan setiap bulan selama masih hidup. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami