Empat Tips Menghadapi Rekan Kerja Bossy | Qerja

Empat Tips Menghadapi Rekan Kerja Bossy

Steffi Teowira, 2 years ago
Empat Tips Menghadapi Rekan Kerja Bossy

Anda mungkin kenal seorang kolega yang begini: gemar menyuruh-nyuruh, memberi kritik saran tanpa diminta, hingga mengatur porsi kerja anggota tim yang terkesan menguntungkan dirinya. Bos bukan, manajer bukan, tapi kolega yang satu itu sepertinya selalu menganggap diri sendiri atasan.

Kalau memang membantu sih, tak apa. Tapi jika sudah sampai mengganggu, ini beberapa tips yang bisa Anda coba.

1. Pertimbangkan sudut pandang lain

Ada kemungkinan rekan kerja yang Anda anggap bossy ini tidak sadar kalau perilakunya membuat gerah. Bisa jadi ia merasa sah-sah saja karena tidak ada yang pernah protes terbuka. Jika Anda terus diam-diam  memendam kekesalan, bagaimana ia bisa tahu?

qc-jkt-2019

Misalnya Anda tengah membahas proyek bersama, tiba-tiba saja ia memegang alih sebagai pemimpin dan membagi-bagi tugas seenaknya. Daripada didiamkan atau langsung menyerah mengemban tugas membosankan, langsung saja ajukan, “Bagaimana kalau kita coba metode X?” atau inisiatif meminta porsi pekerjaan lain yang lebih sesuai minat Anda. Coba saja, siapa tahu ia sebetulnya tidak akan keberatan berbagi tanggung jawab.

2. Langsung suarakan

Sama dengan poin pertama, ia terus berlaku seperti itu karena tidak ada yang pernah mengajukan keberatan. Karenanya, di situasi tertentu, Anda harus bersikap lebih tegas darinya jika berharap ia berhenti berlaku bossy pada Anda.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next