Ask the Expert: Pentingnya Pekerjaan Pertama Untuk Masa Depan | Qerja

Ask the Expert: Pentingnya Pekerjaan Pertama Untuk Masa Depan

Qerja, 4 years ago
Ask the Expert: Pentingnya Pekerjaan Pertama Untuk Masa Depan

“Saat ini saya bekerja sebagai karyawan perusahaan startup di Jakarta. Saya bekerja di perusahaan ini baru tiga bulan dan sebelumnya adalah lulusan baru.

Saya cemas, seperti apa jenjang karir saya ke depannya nanti karena karir pertama saya diawali dari posisi yang kurang familiar di dunia kerja. Apakah karir pertama bagi fresh graduate menjadi acuan untuk karir selanjutnya? Jika ya, apa yang harus saya lakukan dengan posisi saya saat ini ?” -Andi

——

Hai Andi, 

Jangan khawatir. Menurut sebuah riset untuk tahun 2014 di Amerika, rata-rata seorang profesional muda akan mengalami pergantian karier dan industri setidaknya setiap empat tahun sekali. Karena itu, bagaimanapun latar belakangmu, besar kemungkinan kamu akan mendapat kesempatan untuk menjajak karier di bidang lain.

Kamu juga bisa mengembangkan posisi dan tanggung jawabmu di satu perusahaan karena kebanyakan perusahaan cukup terbuka untuk rotasi pegawai. Misalnya kamu mengawali karier sebagai analis, mungkin selanjutnya kamu bisa mencoba memegang tugas dari departemen lainnya. Dengan begitu, kamu akan terpapar pada berbagai jenis bidang dan paham mekanisme perusahaan secara menyeluruh.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next