Lima Tanda Bos Anda Tak Jujur Soal Janji Promosi | Qerja

Lima Tanda Bos Anda Tak Jujur Soal Janji Promosi

Steffi Teowira, 2 years ago
Lima Tanda Bos Anda Tak Jujur Soal Janji Promosi

Di lingkungan tempat kerja Anda, atasan adalah salah satu dari segelintir orang yang bisa menentukan nasib Anda di perusahaan tersebut. Tentu saja lazimnya jika Anda berprestasi, Anda akan dihargai dengan promosi atau kenaikan gaji, begitu pula sebaliknya.

Mungkin beberapa waktu yang lalu, atasan Anda pernah mengungkapkan bahwa Anda akan diberi promosi dan sejak itu, Anda terus menunggu hari ketika Anda dipanggil ke ruangannya. Masalahnya muncul ketika Anda sepertinya “digantung”; Anda mulai curiga janji yang terucap sepertinya hanya sekedar janji.

Untuk memastikan kecurigaan Anda, coba periksa ciri-cirinya ini.

1. Menghindari pembicaraan

qc-jkt-2019

Kalau Anda sudah dijanjikan kenaikan pangkat oleh atasan, wajar saja jika lama-kelamaan Anda terpikir untuk menanyakannya ketika janji itu tidak kunjung dipenuhi. Tapi sepertinya bos selalu mengalihkan topik kalau Anda mengungkitnya dan bahkan perlahan mulai menghindari Anda!

Bila Anda menangkap ada kesan beliau tak nyaman atau sepenuhnya menolak membicarakan soal janji promosi ini, anggap saja lampu merah. Bisa jadi ia tidak bisa memenuhi janjinya dan tidak bisa membahasnya langsung dengan Anda.

2. Penjelasannya terkesan hanya ngeles

Sekali, dua kali diberi penjelasan soal tertundanya promosi Anda masih wajar. Bisa jadi alasannya memang sesuai fakta, misalnya masih butuh persetujuan dari atas atau menunggu susunan budget perusahaan.

Tapi kalau setiap kali ditanyakan beliau terus-terus memberi alasan sama yang sifatnya hanya ngeles tanpa ada aksi nyata, bisa jadi promosi itu tidak akan Anda dapatkan, setidaknya tidak dalam waktu dekat. Amati juga jika bos banyak menggunakan kata-kata yang sifatnya ragu, seperti “mungkin” atau “bisa jadi”.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next