Agar Uang THR Tidak Menguap Begitu Saja | Qerja

Agar Uang THR Tidak Menguap Begitu Saja

Qerja, 3 years ago
Agar Uang THR Tidak Menguap Begitu Saja

Setiap menjelang Hari Raya Lebaran, banyak orang menantikan turunnya Tunjangan Hari Raya (THR). Pemberikan THR oleh perusahaan dimaksudkan untuk membantu karyawan yang akan merayakan Hari Raya Lebaran atau hari besar lainnya. 

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh pembayaran THR oleh perusahaan dilakukan paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran.

Sekarang, pekerja/buruh yang baru bekerja satu bulan pun berhak mendapat THR. Tata cara perhitungannya, bagi pekerja/buruh dengan masa kerja 12 bulan akan memperoleh satu bulan gaji pokok, sementara untuk pekerja/buruh yang baru bekerja kurang dari 12 bulan akan mendapatkan THR dengan perhitungan proporsional. Yakni, masa kerja dibagi 12 bulan kemudian dikalikan satu kali upah per bulan.   

THR ibarat rezeki nomplok. Dikatakan demikian karena Anda mendapat uang tambahan sebesar satu bulan upah di luar gaji. Tapi, menggunakan THR harus bijaksana. Jangan boros hingga menguap begitu saja seperti pada meme di bawah ini:

Berikut ini ada empat tips mengatur uang THR lebih bijaksana: 

Atur Pengeluaran

Jangan habiskan seluruh uang THR untuk belanja. Buat daftar keperluan lalu atur pengeluaran dengan membagi menjadi tiga bagian. Yakni, sebesar 30 persen untuk membayar kewajiban, seperti melunasi utang, membayar THR asisten rumah tangga, bayar zakat fitrah, kemudian 10 persen untuk investasi lalu sisanya yang bisa Anda nikmati 60 persen.   

Bayar Kewajiban

Saat mendapat THR jangan lupakan orang yang selama ini telah banyak membantu pekerjaan rumah. Berikan juga THR untuk asisten rumah tangga Anda. Berbagilah kebahagiaan bersama orang lain. Asisten Anda pasti akan sangat senang dapat merayakan Lebaran di kampung bersama keluarga. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next