Perbedaan Hard skill dan Soft skill di Dunia Kerja | Qerja

Perbedaan Hard skill dan Soft skill di Dunia Kerja

Eka Utami, 2 years ago
Perbedaan Hard skill dan Soft skill di Dunia Kerja

Jika Anda pernah berbicara dengan konselor karier, atau menghabiskan banyak waktu untuk mencari pekerjaan, mungkin Anda sering mendengar tentang hard skill dan soft skill. Apakah Anda sudah mengerti tentang hard skill? Apa perbedaan Antara hard skill dengan soft skill? Berikut penjelasannya seperti disarikan dari Thebalance.com.

Hard skill

factory-factory-worker-girl-1108101

Hard skill adalah keahlian utama yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Biasanya, perusahaan mencantumkan persyaratan hard skill pada iklan lowongan kerja. Dengan memiliki hard skill yang sesuai permintaan perusahaan, maka Anda bisa mengerjakan tugas di kantor dengan baik. Anda mendapat keahlian utama melalui pendidikan formal dan berbagai program pelatihan, misalnya, universitas, kursus singkat, program sertifikasi, termasuk pelatihan dari kantor itu sendiri.

Hard skill mencakup pengetahuan dan keahlian spesifik yang dibutuhkan seseorang agar bisa sukses dalam pekerjaan. Beberapa contoh hard skill antara lain pemrograman komputer, desain web, menulis, akunting, keuangan, matematika, hukum, dan keterampilan lainnya terkait pekerjaan.

Hard skill bisa dipelahari, dievaluasi, dan diukur. Pada saat proses perekrutan dan wawancara kerja, perusahaan akan membandingkan hard skill satu kendidat dengan calon pegawai lainnya. Di beberapa industri, bahkan perusahaan melakukan tes hard skil untuk megetahui apakah pelamar kerja benar-benar punya keahlian seperti yang ditulis di resume. Lalu, pada saat seseorang sudah masuk kerja, maka atasan akan mengevaluasi hard skill pegawai. Apakah keahlian seseorang sudah berkembang sehingga bisa mendapat promosi atau justru harus dimutasi?



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next