Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Bekerja Menjelang Deadline | Qerja

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Bekerja Menjelang Deadline

Eka Utami, 2 years ago
Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Bekerja Menjelang Deadline

Kita suka belajar dengan sistem kebut semalam sebelum menghadapi ujian sejak zaman kuliah dulu. Setelah bekerja, kita tetap memelihara kebiasaan tersebut. Kita seringkali lembur untuk menyelesaikan pekerjaan saat mendekati tenggat waktu yang sudah ditetapkan. Penyebabnya karena kita merasa sangat produktif saat menjelang deadline. Kita jadi termotivasi. Bahkan kita menghasilkan pekerjaan yang –sepertinya- lebih baik. Padahal, itu semua hanya alasan belaka.

Ya, akui saja kalau sebagian besar dari kita adalah seorang penunda. Kita selalu menghindar dan enggan menghadapi hal yang sulit sekarang. Kita menyimpan semuanya untuk nanti. Sampai pada akhirnya, kita berada di ambang garis mati. Kemudian tubuh kita bereaksi pada ancaman tersebut.

Jadi, apakah bekerja menjelang deadline memang baik untuk kita? Mungkin sebagian orang masih berpendapat bahwa lebih baik bekerja dalam waktu singkat menjelang deadline daripada mencicil pekerjaan sejak jauh hari. Inilah yang terjadi pada tubuh kita saat menghadapi deadline seperti disarikan dari Psychologytoday.com.

Memicu adrenalin tubuh

Saat  merasa terancam, kita akan bereaksi. Tubuh kita akan melawan dengan cara memimpa sumber kafein alami –kortisol dan bahan kimia adrenal lainnya yang memacu kecepatan kerja tubuh. Kemudian, kita juga menambah kafein dari luar tubuh sehingga badan semakin kuat. Kita seperti tokoh animasi Hulk yang tiba-tiba menjadi kuat saat marah.

Otak merespon rasa takut

Otak kita juga akan bereaksi saat menghadapi deadline. Amigdala –bagian otak yang berperan penting dalam merespon emosi, terutama rasa takut- berkembang.  Sementara lobus frontal –bagian otak terkait kreativitas, mobilitas, dan memori- justru mengalami penyusutan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next