9 Pekerjaan yang Hanya Ada di Indonesia | Qerja

9 Pekerjaan yang Hanya Ada di Indonesia

Qerja, 4 years ago
9 Pekerjaan yang Hanya Ada di Indonesia

Ada banyak pekerjaan dan profesi di dunia ini. Tapi, beberapa pekerjaan sulit ditemukan di belahan dunia lain kecuali di Indonesia. Beberapa pekerjaan mungkin ada di kota lain di Asia, tapi yang jelas, mereka tidak ada di Eropa atau Amerika Serikat.

Apa saja pekerjaan itu? Berikut beberapa pekerjaan unik yang kami rangkum:

1. Pak Ogah

Profesi unik lainnya yang ada di Jakarta adalah ‘Pak Ogah’. Mereka biasanya berdiri di jalanan yang ramai di tempat untuk memutar arah atau berbelok. Tugasnya mengatur lalu lintas bagi pengendara yang akan berbelok atau menyeberang. Biasanya Pak Ogah tak pernah meminta uang imbalan tertentu, tapi pengendara selalu menyediakan uang kecil mulai dari Rp1.000-Rp2.000. Dulu Pak Ogah juga disebut dengan polisi cepek, meskipun sekarang mungkin mereka akan marah kalau hanya diberi uang Rp100.

2. Pawang Hujan

Profesi pawang hujan terbilang langka. Tidak setiap orang dapat melakukan pekerjaan ini. Kebanyakan pawang hujan biasa dibutuhkan bukan untuk memanggil hujan, melainkan menghalau hujan. Biasanya pengguna jasa pawang hujan adalah pemilik hajatan yang acaranya diselenggarakan di lapangan terbuka, seperti pesta resepsi pernikahan, acara khusus yang diselenggarakan oleh kepala daerah bahkan pertandingan sepak bola.

3. Tukang Cukur Keliling

Profesi tukang cukur rambut keliling mudah dikenali dari perlengkapan yang dibawa. Biasanya, tukang cukur rambut keliling berjalan kaki sambil membawa bangku kecil dan tas berisi perlengkapan mencukur seperti alat cukur, gunting, cermin dan sisir dll. Di Jakarta ada istilah DPR alias di bawah pohon rindang untuk menyebut tukang cukur rambut keliling karena biasanya pekerjaan mencukur di lakukan di bawah pohon rindang. 

4. Tukang Korek Gas

Profesi tukang korek gas biasanya berjalan kaki keliling, keluar masuk kampung sambil berteriak ‘korek gas’. Tukang korek gas menjual jasa mengisi gas untuk korek api atau pemantik api gas. Tukang korek gas biasanya ‘sahabat baik’ para perokok lantaran sering dicari. 

5. Tukang Air

Tukang air keliling menjual air minum bersih untuk keperluan mandi, minum, dan memasak. Biasanya, profesi tukang air keliling ini tumbuh subur di daerah-daerah di Jakarta dan sekitarnya yang airnya tercemar, berwarna keruh, berbau atau mengandung merkuri. 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami