Mata-Mata Kantor: Aktivitas Komputer Bisa Dimonitor Perusahaan | Qerja

Mata-Mata Kantor: Aktivitas Komputer Bisa Dimonitor Perusahaan

Steffi Teowira, 2 years ago
Mata-Mata Kantor: Aktivitas Komputer Bisa Dimonitor Perusahaan

Mata-mata tidak hanya ada di bayang-bayang gelap perpolitikan internasional dan layar kaca. Di kantor Anda sendiri, mungkin ada yang diam-diam mengawasi gerak-gerik Anda melalui apa yang Anda ketik ke komputer atau ponsel.

Sebuah survei dari American Management Association menemukan bahwa setidaknya 66% perusahaan di Amerika mengawasi penggunaan internet pegawai mereka, 45% memonitor aktivitas keyboard komputer, dan sejumlah 43% perusahaan punya akses langsung untuk mengawasi email para pegawai.

Hasil temuan ini menimbulkan kesan bahwa tidak ada yang namanya privasi begitu pegawai memasuki ruang kerja.

Ada argumen bahwa jika pegawai tahu kalau perusahaan selalu mengamati dan mengawasi aktivitas mereka, bahkan di dunia maya, semangat kerja bisa turun karena dirasa tidak diberi kepercayaan yang cukup. Meski begitu, ada yang percaya kalau sistem mata-mata ini bisa menjadi semacam pecut mental, sehingga pegawai lebih produktif dan waktu tidak terbuang sia-sia.

Di Indonesia, ketentuan mengenai akses perusahaan terhadap aktivitas komputer pegawai belum diatur dalam Undang-Undang. Bukan tidak mungkin kalau banyak atasan yang telah lama memonitor kegiatan komputer maupun internet para pegawainya dengan sedikit pengaturan dan aplikasi simpel.

Berikut sejumlah contoh umum hal dan aktivitas yang bisa dimonitor perusahaan, terutama jika Anda bekerja menggunakan komputer kantor.

1. Isi email dan IM kantor

Membaca email kantor pegawai adalah salah satu aktivitas pengawasan paling umum. Terlebih lagi, email kantor atau email pribadi yang dikirim menggunakan server kantor biasanya bisa diarsip dan diakses kapan saja.

Apa yang menjadi kunci pencarian dan alasannya berbeda-beda sesuai kebutuhan setiap perusahaan, dari gosip hingga bukti tindak kriminal. Di firma investasi Goldman Sachs, email yang berisi kata-kata makian atau sumpah serapah bisa ditandai dan dialihkan untuk ditangani petugas khusus, atau langsung diblokir.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next