Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja | Qerja

Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja

Eka Utami, 3 years ago
Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja

Mata adalah jendela yang bisa memerlihatkan level ketertarikan, kepercayaan diri, dan profesionalisme Anda selama wawancata kerja. Saat berhasil membuat kontak mata dengan pewawancara, maka ucapan Anda akan dipercaya. Selain itu, pewawancara akan menyukai Anda. Maka, saat wawancara kerja, Anda harus berani menatap mata pewawancara. Berikut arti pentingnya kontak mata saat wawancara kerja yang disarikan dari Chron.com.

Menunjukkan kepercayaan diri

Jika Anda terus menunduk ke bawah, melihat sepatu atau memerhatikan meja, maka pewawancara akan merasa Anda tidak percaya diri dan kegugupan. Selain itu, bila berusaha menghindari tatapan mata pewawancara dengan melihat ke kanan, kiri, atau ke atas, maka Anda akan terlihat seperti orang yang tidak yakin akan jawaban yang dilontarkan.

Jadi, sekarang, angkatlah wajah Anda dan tatap mata pewawancara. Dengan begitu, Anda telah menunjukkan keyakinan. Anda siap menjawab pertanyaan –dan bertanya balik- soal keterampilan, dan pengalaman kerja.

Menunjukkan Kejujuran

Jangan mengalihkan tatapan secara tiba-tiba saat Anda sedang melakukan kontak mata dengan pewawancara. Pengalihan tatapan bisa berarti Anda melihat ke arah lain atau mengedipkan mata. Ketika pewawancara mengajukan pertanyaan, dan Anda tiba-tiba berkedip –lebih dari 70 kedipan per menit-, itu artinya Anda sedang stres dan berusaha menghindari kebenaran. Jadi, Anda harus memastikan menatap mata pewawancara secara konsisten tanpa beralih tiba-tiba dan menghadirkan suasana yang canggung.

Pernyataan sikap



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next