Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja | Page 2 | Qerja

Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja

Eka Utami, 3 years ago
Pentingnya Kontak Mata Saat Wawancara Kerja

Anda selalu diajarkan untuk bersikap sopan dengan cara menatap mata lawan bicara saat berkomunikasi. Anda juga harus melakukannya saat wawancara kerja.Saat menatap mata pewawancara, Anda menujukkan ketertarikan pada pekerjaan dan segala hal yang akan disampaikan. Selain itu, Anda mengapresiasi setiap tawaran perusahaan. Pewawancara akan senang dan bersemangat untuk menceritakan banyak hal. Sebaliknya, jika mencoba menghindari pandangan mata pewawancara, maka Anda akan tampat seperti kandidat yang tidak sopan, serta tidak tertarik pada pekerjaan atau tawaran gaji.

Menunjukkan maksud dan tujuan

Biarkan mata Anda “berbicara”. Saat menceritakan sesuatu yang menarik tentang pengalaman kerja atau prestasi di masa lalu, maka mata Anda akan berbinar. Selain itu, jika Anda juga tertarik dengan informasi dari pewawancara, maka mata Anda akan menunjukkannya. Saat mata Anda menujukkan kilauan tanda ketertarikan, maka pewawancara akan semakin semangat menjelaskan hal-hal terkait job desk atau fasilitas perusahaan.

Isu kepercayaan

Terkadang, Anda butuh waktu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pwawancara. Anda tidak berniat berbohong. Anda hanya berusaha mengingat dan menyusun kalimat untuk menjawab pertanyaan dengan cepat. Saat otak mencari jawaban itu, maka tatapan Anda akan beralih sejenak. Anda terlihat sedang menerawang jauh, melihat satu titik di sudut ruagan. Jika terbiasa bepikir dengan cara seperti itu, maka Anda tidak boleh lupa untuk kembali membuat kontak mata dengan lawan bicara. Dengan begitu, pewawancara akan memercayai jawaban Anda.

Agar bisa memertahankan kontak mata dengan pewawancara, maka Anda perlu banyak berlatih sebelum menghadapi interview kerja. Dengan begitu, Anda bisa menjadi lebih percaya diri. Anda juga bisa menjawab pertanyaan dengan lancar. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next