Rahasia Produktivitas Pegawai Apple, Google, dan Netflix | Qerja

Rahasia Produktivitas Pegawai Apple, Google, dan Netflix

Steffi Teowira, 3 years ago
Rahasia Produktivitas Pegawai Apple, Google, dan Netflix

Bukan rahasia lagi kalau nama-nama besar Netflix, Dell, Apple, dan Google termasuk segelintir perusahaan paling inovatif dan paling mentereng di seluruh dunia. Mereka dianggap sebagai magnet yang menarik talenta-talenta terbaik dunia.

Dilansir dari Fast Company, studi oleh firma konsultasi Bain & Company menunjukkan bahwa Apple, Netflix, Google, dan Dell memiliki tingkat produktivitas pegawai sebesar 40% lebih tinggi dibanding perusahaan pada umumnya dengan profit margin 30% hingga 50% lebih tinggi.

Namun sumber daya manusia prestigius bukanlah rahasia di balik produktivitas tinggi ini. Menurut studi tersebut, kuncinya ada di bagaimana mereka mengoptimalkan talenta.

1. Biarkan pegawai bertalenta bekerja bersama

Sistem manajemen di banyak perusahaan biasanya menyebarkan staf-staf berbakat di masing-masing departemen agar merata. Perusahaan seperti Google dan Apple punya sistem berbeda: Mayoritas staf berkualitas digabungkan untuk bekerja sama di departemen-departemen krusial yang secara langsung berpengaruh terhadap strategi perkembangan perusahaan; departemen lain mendapat lebih sedikit porsi staf kelas atas.

Baca juga: Rekan Kerja di Samping Anda Mempengaruhi Produktivitas

Untuk meningkatkan motivasi dan produktivitas, Apple juga menerapkan sistem penilaian kinerja tim, alih-alih individu. Tidak ada satu anggota tim yang bisa mendapat hasil penilaian tinggi jika anggota tim lainnya tidak mendapat hasil yang sama.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next