Lima Kiat Mengatasi Jetlag Sehabis Liburan

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Siapa yang tidak suka liburan? Walau hanya untuk beberapa hari atau minggu, Anda bisa terbebas dari belitan rutinitas sehari-hari dan kepenatan hidup. Namun perjalanan menuju surga dan kebebasan ada harganya sendiri, terutama jika harus menempuh perjalanan jarak jauh dengan pesawat. Setiba di lokasi tujuan, lelah, lemas, pusing langsung menyerang. Ketidaknyamanan fisik dan mental ini disebut jetlag atau kepenatan terbang.

Tubuh Anda punya ritme yang biasa mengatur jam-jam tertentu untuk mengirimkan sinyal tidur-bangun atau lapar-kenyang. Ketika Anda bepergian ke lokasi dengan zona waktu berbeda, tubuh Anda merasa kesulitan menyesuaikan ritme ini dengan waktu baru. Pola tidur dan makan yang kacau pun mengakibatkan tubuh Anda menjadi drop.

Untuk Anda yang mungkin sedang mengalami jetlag sekembali dari liburan, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi efeknya. Tips-tips ini juga bisa diaplikasikan jika Anda sering dinas ke luar kota atau ke luar negri dengan pesawat.


1. Olahraga ringan
Olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi stress yang muncul karena jetlag. Sebisa mungkin lakukan aktivitas ringan di luar gedung karena cahaya matahari akan mengurangi rasa kantuk dan pusing yang Anda rasakan. Paparan terhadap cahaya matahari juga membantu menyesuaikan kembali ritme tubuh dengan lingkungan luar dan rutinitas.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami