Lima Jenis Wawancara Kerja Paling Umum | Qerja

Lima Jenis Wawancara Kerja Paling Umum

Steffi Teowira, 2 years ago
Lima Jenis Wawancara Kerja Paling Umum

Baik itu fresh graduate maupun profesional yang punya pengalaman bertahun-tahun, wawancara kadang tetap menjadi satu sesi yang membuat kandidat merasa gugup. Untuk mengurangi rasa kecemasan ini, ada banyak hal yang bisa Anda persiapkan. Salah satunya adalah dengan mengenal jenis-jenis wawancara umum ini.

Berdasarkan fungsi, lokasi, dan isi pertanyaan, ada lima jenis wawancara kerja yang paling sering ditemui.

1. Wawancara one on one

Dari wawancara HR hingga wawancara user dengan manajer atau utusan departemen, jenis wawancara ini adalah standar di berbagai industri. Biasanya pertanyaan dalam wawancara one on one berkisar seputar biodata Anda dan isi CV, dari pengalaman kerja hingga informasi pribadi. Namun tidak menutup kemungkinan Anda diberi pertanyaan uji kasus.

Tips: Riset, riset, dan latih jawaban Anda. Intinya, lakukan riset terhadap pertanyaan umum yang ditanyakan, berita terbaru mengenai perusahaan, hingga pakaian yang pantas. Tidak ada yang namanya terlalu mendetail saat mempersiapkan diri menghadapi wawancara. Namun ingat juga untuk rileks; Anggap saja wawancara sebagai sesi bincang-bincang dan perkenalan profesional.

2. Wawancara panel

Satu pewawancara saja sudah cukup membuat tegang, apalagi beberapa. Hal ini yang biasa menjadi ketakutan sendiri saat akan menghadapi wawancara panel. Di wawancara panel, kandidat akan menghadapi sesi tanya jawab beberapa pewawancara. Mereka bisa berasal dari departemen berbeda dan status berbeda pula. Namun umumnya pertanyaan mereka cukup mendasar sesuai kaitan dengan departemen masing-masing.

Tips: Beri perhatian merata pada para pewawancara dan hindari kontak mata dengan satu saja pewawancara sepanjang sesi. Pertanyaan bertubi-tubi, kritik, atau komentar dari pewawancara berbeda juga merupakan hal yang normal terjadi. Tidak perlu panik atau terburu-buru menjawab. Ambil waktu beberapa detik untuk mencerna pertanyaan dan berpikir.

3. Wawancara telepon dan video call



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next