Bolehkah Mengirim Lamaran Kerja Jika Tidak Memenuhi Syarat? | Qerja

Bolehkah Mengirim Lamaran Kerja Jika Tidak Memenuhi Syarat?

Steffi Teowira, 3 years ago
Bolehkah Mengirim Lamaran Kerja Jika Tidak Memenuhi Syarat?

Kadang kala, Anda menjumpai lowongan kerja yang tepat untuk Anda: Anda tahu Anda mampu mengemban tanggung jawab yang tertera. Masalahnya, Anda tidak punya kredensial yang benar-benar sesuai untuk membuktikannya, entah itu kurang ijazah tertentu, kurang tahun pengalaman, atau tidak punya sertifikasi.

Tidak ada yang namanya kandidat sempurna. Pihak perusahaan juga tentu paham kalau persyaratan ini hanya berupa wish list dan kemungkinan besar tidak akan terpenuhi 100%. Terlebih lagi, banyak juga perusahaan yang fleksibel saat memilah kandidat pegawai; mereka cenderung mengutamakan kandidat yang punya kecocokan budaya dan karakter dibanding hanya memiliki hard skill yang sesuai. Kuncinya adalah memastikan Anda menuangkan kesan ini di cover letter nanti.

Karena itu, jangan terlebih dulu terintimidasi jika melihat lowongan kerja dengan persyaratan panjang lebar. Anda boleh saja mengirimkan lamaran, kok, jika sudah mempertimbangkan beberapa faktor ini.

1. Ukuran perusahaan

Umumnya, perusahaan berskala kecil lebih terbuka untuk mempekerjakan kandidat yang kurang kualifikasi dibanding perusahaan besar. Korporasi ternama biasanya menerapkan system penyaringan awal kandidat berdasarkan kecocokan CV dengan lowongan kerja. Hal ini bukan berarti Anda dilarang mengirim ke perusahaan besar, apalagi jika memenuhi poin-poin di atas. Hanya saja, Anda punya peluang diterima lebih besar di perusahaan yang lebih kecil.

2. Tahun pengalaman kerja



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next