Hobi Membaca Bantu Anda Raih Kesuksesan Kerja | Qerja

Hobi Membaca Bantu Anda Raih Kesuksesan Kerja

Steffi Teowira, 3 years ago
Hobi Membaca Bantu Anda Raih Kesuksesan Kerja

Tidak ada yang namanya hobi yang berguna atau tidak berguna. Asalkan dapat meringankan beban pikiran atau memberi Anda informasi baru, setiap hobi yang Anda miliki tentu bermanfaat.

Namun membaca adalah satu hobi yang terus memberi manfaat sejak Anda masih kecil hingga usia tua. Lebih dari sekedar pengusir kebosanan, dari halaman-halaman buku, Anda bisa memetik wawasan dan mengumpulkan kebijaksanaan.

Tidak heran kalau efek positif membaca juga bisa dirasakan di lingkungan profesional. Berikut kelebihan yang bisa Anda raup dari hobi yang satu ini.

1. Memuluskan komunikasi

Di lini bisnis apapun, Anda akan dituntut untuk punya kemampuan berkomunikasi yang baik. Dari presentasi pada klien hingga membahas promosi dengan atasan, keahlian mengolah kata untuk situasi berbeda cukup krusial karena mempengaruhi langsung kesuksesan karier Anda.

Studi menyebutkan bahwa buku mengandung 50 persen lebih banyak kosa kata langka dibanding TV dan percakapan sehari-hari, sehingga membaca menjadi pilihan terbaik jika ingin mengembangkan kosa kata. Tentu saja semakin banyak buku yang Anda baca, semakin luas pula pembendaharaan kata Anda. Hal ini tentu akan memberi suntikan kepercayaan diri ekstra karena Anda bisa merangkai kata untuk bicara dengan individu dari berbagai lapisan masyarakat.

Untuk Anda yang ingin belajar bahasa asing, membaca buku dalam bahasa tersebut akan memudahkan Anda melatih penggunaan kata-kata dalam berbagai konteks.

2. Meningkatkan kemampuan menulis dengan baik

Kemampuan menulis tidak terbatas hanya dibutuhkan oleh mereka yang bekerja di industri tertentu. Ketika harus menulis cover letter dan laporan, Anda juga bisa meraup manfaat membaca buku. Tak hanya kosa kata semakin kaya, saat Anda membaca, Anda juga akan menyerap keluwesan gaya menulis dari buku tersebut.

Anda akan lebih peka terhadap penggunaan tata bahasa, susunan kalimat, dan berbagai nuansa lain yang membuat tulisan Anda lebih nyaman dibaca.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next