Risiko Bermain Pokemon Go di Tempat Kerja

Oleh Steffi Teowira, 5 years ago

Sejak dirilis di Amerika, Australia, dan Selandia Baru pada tanggal 6 Juli lalu, Pokemon Go langsung menjadi fenomena. Menurut situs The Guardian, pemainnya tercatat melampaui pengguna harian Twitter di Amerika yang penggunanya mencapai 65 juta. Saham Nintendo sendiri pun meroket sebesar 50%. Kombinasi dari nostalgia dan fitur Pokemon Go yang unik mungkin adalah rahasia di balik kesuksesannya yang fenomenal.

Anda yang tumbuh besar di tahun 90an tentu masih ingat Pokemon. Karakter-karakter dalam kartun populer dari Jepang ini sempat menjadi simbol pop culture dengan franchise yang meliputi acara TV, game, film, dan berbagai pernak-pernik. Tahun 2016 ini menandai hari jadi ke-20 keluarnya game Pokemon pertama dan untuk merayakan tahun spesial ini, Nintendo merilis Pokemon Go yang ternyata meraih popularitas luar biasa dalam waktu singkat.

Premis Pokemon Go sendiri sebetulnya cukup simpel: Pemain perlu menangkap Pokemon di berbagai lokasi yang tersebar di dunia nyata yang disebut Pokestop. Setelah itu, Pokemon dilatih dan diadu di Gym. Berbasis teknologi Augmented Reality dan memanfaatkan fasilitas GPS dan kamera ponsel, Pokemon Go mengajak para pemain untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar untuk berburu ratusan karakter Pokemon. 

Fitur Pokemon Go yang menarik ini memiliki nilai plus sekaligus minusnya sendiri. Sisi positifnya, para pemain menjadi aktif—bahkan mungkin jadi lebih fit—karena harus berkelana dan kadang berjalan beberapa kilometer sambil mencari Pokemon. Di sisi lain, 'tuntutan' untuk terus bergerak ini menimbulkan masalah tersendiri, dari rentan dirampok hingga tabrakan mobil karena terlalu fokus mengamati layar ponsel. 

Pokemon Go memang belum resmi beredar di Indonesia, tapi para peminat di Indonesia bisa ikut bergabung dengan mengunduh aplikasi dari sumber tidak resmi walau fiturnya belum lengkap dan popularitasnya di kalangan muda pun mulai menjadi sorotan media.

Distraksi Saat Bekerja

Jika Anda sendiri pernah bermain Pokemon Go, Anda tentu telah merasakan sendiri betapa mudahnya permainan ini membuat ketagihan. Kaum profesional di berbagai negara juga tidak luput dari daya tariknya. Bicara pada Inc.com, seorang pegawai di Washington yang tempat kerjanya kebetulan adalah Pokestop mengaku bahwa ia sering mengecek ponselnya di tengah-tengah kesibukan kerja dan ia menduga banyak rekan kerjanya juga melakukan hal yang sama.

Tidak sedikit juga pegawai yang telat masuk kerja karena berkali-kali berhenti di berbagai Pokestop di tengah jalan atau sengaja mengambil rute panjang untuk memperbesar peluang bertemu lebih banyak karakter Pokemon.

Foto: Karyawan di kantor Qerja. Demam Pokemon Go juga telah menjangkiti kantor Qerja, di mana para pegawai sering bertukar info mengenai Pokemon yang bisa ditangkap di kantor.

Max Renke, seorang staf di University of New Hampshire bertutur bahwa ia dan rekan-rekannya pun tidak akan segan-segan untuk segera meninggalkan pekerjaan dan berlari keluar jika beredar kabar bahwa ada Pokemon yang nongkrong di luar gedung.


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami