Tips Menjawab Pertanyaan “Bagaimana Cara Anda Bekerja di Bawah Tekanan?” Saat Wawancara | Qerja

Tips Menjawab Pertanyaan “Bagaimana Cara Anda Bekerja di Bawah Tekanan?” Saat Wawancara

Eka Utami, 3 years ago
Tips Menjawab Pertanyaan “Bagaimana Cara Anda Bekerja di Bawah Tekanan?” Saat Wawancara

Pahamilah bahwa pertanyaan “Bagaimana cara Anda bekerja di bawah tekanan?” berbeda dengan pertanyaan “Apakah Anda bisa bekerja di bawah tekanan?”. Pertanyaan yang dimulai dengan kata “bagaimana” membutuhkan penjelasan mendalam daripada sekadar jawaban “ya” atau “tidak”.  Saat mengajukan pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu tentang etika Anda dalam bekerja. Dia juga ingin menggali bagaimana Anda merespon ketika diberikan tugas dengan tenggat waktu tertentu. Manajer perekrutan mau melihat apakah Anda cocok dengan budaya kerja di kantornya.

Anda harus siap mengantisipasi pertanyaan ini.Jangan sampai tergagap saat menjawab. Berikut tips menjawab pertanyaan “Bagaimana cara Anda bekerja di bawah tekanan?” yang disarikan dari Livecareer.com.

Hal yang harus ditekankan

Saat pewawancara bertanya tentang “Bagaimana cara Anda bekerja di bawah tekanan?”, maka berikan jawaban yang nyata. Anda bisa menceritakan contoh kasus saat berhasil menaklukan proyek di bawah tekanan. Tunjukkan bahwa Anda justru bisa berkembang setelah melakukan pekerjaan yang sulit dan deadline yang ketat. Misalnya, Anda jadi mendapat pelajaran, pengetahuan, dan keterampilan baru. Kemudian, Anda mendapat kesempatan menangani tugas yang lebih sulit beberapa waktu kemudian.

Lalu, Anda bisa focus menceritakan kejadian saat tekanan terjadi. Ketika mendapat tekanan, Anda pasti stres. Akui saja. Semua orang bisa stres, tak terkecuali Anda. Tapi, Anda menemukan taktik untuk mengatasinya. Misalnya, Anda berjalan-jalan sebentar saat tekanan begitu berat. Setelah Anda kembali tenang, baru bisa bekerja dengan lebih cepat dan cermat.

Selain itu, sebagian orang merasa bisa bekerja lebih optimal setelah mendapat tekanan. Jika Anda adalah tipe pekerja seperti itu, maka ungkapkanlah. Beri tahu pewawancara kalau Anda lebih semangat bekerja ketika mendapat tugas yang lebih sulit dari sebelumnya. Hal ini karena Anda memang orang yang suka tantangan. Anda bisa menceritakan kalau tekanan justru berdampak positif buat pengembangan diri.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next