9 Tipe Rekan Kerja yang Perlu Diwaspadai

Oleh Hesti Pratiwi, 6 years ago

Masuk kantor baru, semangat juga baru. Sebagai 'anak' baru di kantor, Anda akan berjumpa dengan macam-macam karakter teman kantor, mulai dari yang ramah, judes, sampai ajaib. Hampir di setiap perusahaan Anda akan bertemu dengan 'Teman Sekantor Beracun' (Toxic Coworker).

Meski begitu, jangan dijauhi. Anda tetap harus berteman dengan mereka karena suatu saat Anda pasti akan perlu jasanya. Hal yang penting adalah mengelola hubungan dengan teman-teman sekantor tersebut. Untuk itu, kenali beberapa jenis teman kantor dan cara menghadapinya. Kira-kira teman Anda termasuk yang mana ya

1. Politisi

Teman ini senang banget mengkonsumsi 'office politic' atau politik kantor untuk mengamankan jabatan atau proyek yang diincarnya. Hati-hati bila menghadapi teman seperti ini.

Cara menghadapinya:

Kalau atasan Anda bukan seorang egomaniak maka Anda aman. Anda dan si 'Politisi' akan bersaing secara sehat dalam berkompetisi memperebutkan posisi jabatan atau proyek di kantor. Tapi, jika atasan Anda seorang egomaniak, maka berarti Anda harus bekerja keras sebab 'Politisi' suka menjilat kepada atasan.

2. Si bingungan

Dia agak egomaniak. Tipe orang seperti ini biasanya lamban dalam membuat keputusan. Kalau terjadi masalah, alih-alih mencari solusi dia akan melempar kesalahan kepada orang lain.

Cara Menghadapinya:
Dorong dia untuk membuat keputusan. Atau Anda harus bersabar saja menghadapi tipe orang seperti ini.

3. Pengejar deadline

Mereka adalah tipe orang yang memiliki energi negatif dan termotivasi di saat krisis. Mereka suka menunda pekerjaan hingga batas tenggat waktu.

Cara menghadapinya:
Jika bekerja sama dengan teman seperti ini Anda akan pusing sendiri memikirkan pekerjaan menumpuk saat deadline. Caranya, majukan batas tenggat waktu dari semestinya sehingga Anda tidak akan pusing dikejar deadline.   


Selanjutnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami