Cara Bertahan Hingga Gajian Datang | Qerja

Cara Bertahan Hingga Gajian Datang

Qerja, 3 years ago
Cara Bertahan Hingga Gajian Datang
Seiring dengan berlalunya Hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) yang disambut sukacita para karyawan setiap jelang Lebaran pun habis. Apakah kamu termasuk karyawan yang sedang menghitung hari detik demi detik menuju gajian?

Oleh karena itu, saat menerima THR, gaji atau bonus, jangan dibelanjakan semua. Ingat, setelah liburan masih ada beberapa minggu, di mana Anda mulai masuk kerja lagi. Nah, sekarang pintar-pintarlah mengatur keuangan agar gaji cukup sampai akhir bulan.

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu lakukan agar bisa survive dengan sisa uang yang ada:

1. Menabung

Setelah menerima gaji dan THR jangan dibelanjakan semua untuk keperluan mudik dan Lebaran. Sisihkan juga untuk keperluan bulan berikutnya, seperti membayar cicilan rumah, kredit mobil, asuransi, uang sekolah anak, listrik dan air dll. Ingat, setelah mudik dan Lebaran kamu harus bekerja lagi dan masih harus menunggu sampai gajian tanggal berikutnya.    

2. Pekerjaan sampingan 

Ada baiknya kamu mempunyai pekerjaan sampingan sehingga tidak hanya mengandalkan pemasukan dari gaji bulanan. Pemasukan dari pekerjaan sampingan dapat digunakan untuk menambal “kebocoran” keuangan rumah tangga. 

3. Mengubah pola pikir

Jika kamu sudah menabung dan punya pekerjaan sampingan, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengubah pola pikir untuk lebih hemat. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu, dan fokus pada kebutuhan dan bukannya keinginan.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next