Lima Hal Utama Yang Diperhatikan Interviewer Saat Wawancara | Qerja

Lima Hal Utama Yang Diperhatikan Interviewer Saat Wawancara

Steffi Teowira, 2 years ago
Lima Hal Utama Yang Diperhatikan Interviewer Saat Wawancara

Anda tentu sudah tahu kalau wawancara adalah satu sesi bagi perusahaan untuk lebih mengenal kandidat pegawai. Sederet pertanyaan dan tes pun dirancang untuk mengukur kecocokan pegawai ini untuk menduduki posisi kerja dan bergabung dengan anggota tim lain. Apa yang dikatakan dan tidak dikatakan oleh kandidat sama pentingnya dalam proses pertimbangan ini.

Tapi tahukah Anda sebetulnya apa yang dipikirkan mayoritas interviewer ketika melontarkan pertanyaan? Apa yang mereka tangkap dari jawaban Anda dan apa yang mereka cari dari seorang kandidat?

1. Kemampuan menguasai bidang

Pertama-tama, kandidat tentu harus mampu menunjukkan kualifikasinya untuk memegang posisi tersebut. Sebagian informasi soal keahlian dan pengalaman kandidat memang tercantum di CV, tapi jika tidak selaras dengan apa yang dijabarkan saat wawancara, bisa jadi menimbulkan kecurigaan tersendiri.

qc-jkt-2019

Beberapa perusahaan dan posisi kerja tertentu juga menuntut kandidat untuk melewati tes dan sesi interview khusus untuk menguji dan memastikan kemampuan kandidat.

2. Kesiapan dan antusiasme

Tidak ada yang lebih membuat pewawancara kesal daripada kandidat yang tampaknya tidak siap atau asal-asal menjalani wawancara. Setidaknya, kandidat harus tahu jenis pekerjaan dan perusahaan yang ia lamar. Jika masih juga menanyakan pertanyaan seperti ā€œPerusahaan ini bergerak di bidang apa ya?ā€ atau malah tidak mempersiapkan pertanyaan, kandidat kemungkinan besar akan meninggalkan kesan buruk pada pewawancara.

Antusiasme yang sehat juga dianggap nilai plus, misalnya mengajukan pertanyaan-pertanyaan cerdas seputar budaya kerja di penghujung wawancara. Bagi pewawancara, hal ini setidaknya menunjukkan kalau kandidat cukup tertarik untuk bergabung dengan perusahaan.

3. Pandangan terhadap perubahan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next