Bolehkah “Mark Up” Gaji Terakhir Saat Wawancara Kerja? | Qerja

Bolehkah “Mark Up” Gaji Terakhir Saat Wawancara Kerja?

Qerja, 4 years ago
Bolehkah “Mark Up” Gaji Terakhir Saat Wawancara Kerja?

Ketika melamar pekerjaan seorang calon karyawan akan menghadapi tahap wawancara. Saat wawancara, pewawancara atau HRD akan melontarkan pertanyaan mengenai gaji. Biasanya, hal ini ditanyakan di tahap awal saat mengisi formulir tentang data diri atau di tahap akhir saat negosiasi gaji.

Pertanyaan mengenai gaji sudah lazim ditanyakan interviewer atau HRD saat wawancara pekerjaan. Salah satu pertanyaan mengenai gaji yang sering ditanyakan adalah berapa gaji yang diharapkan dan berapa gaji yang diterima di kantor lama.

Kelihatannya ini pertanyaan sepele, tapi Anda harus menjawabnya dengan hati-hati. Beberapa perusahaan membayar gaji karyawan lebih rendah. Jika Anda termasuk kategori ini, tentu ingin pindah ke perusahaan lain agar mendapat gaji lebih tinggi. Bolehkah melakukan mark up gaji terakhir di kantor tempat Anda bekerja sekarang untuk negosiasi mendapatkan gaji lebih tinggi? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

#1. Bahas gaji secara kisaran   Kalaupun pewawancara atau HRD tetap mendesak dan posisi Anda mengharuskan menjawabnya, maka jangan menjawab angka secara spesifik tapi berikan range. Setelah menilai kualifikasi kandidat, hal berikutnya adalah menentukan gaji kandidat pelamar. Hal ini penting bagi perusahaan karena berkaitan dengan pengeluaran rutin perusahaan.

Maka Anda harus menjawabnya dengan memberikan kisaran tertentu. Demikian pendapat Carol Frohlinger, Direktur Pelaksana Negotiating Women, dan penulis buku Her Place at the Table.

Sementara Susan Cain, presiden The Negotiation Company, mengungkapkan kenaikan 10 persen adalah hak yang wajar. Jika terpaksa, jelaskan mengapa Anda digaji rendah di tempat bekerja sekarang dan merasa pantas mendapat kenaikan gaji. Jelaskan bahwa Anda yang sekarang berbeda dengan saat pertama kali bekerja ke perusahaan tempat bekerja sekarang. Anda kini memiliki pengalaman lebih yang akan berguna di tempat kerja yang baru.

#2. Riset, riset, dan riset 



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next