Cara Membedakan BPJS Kesehatan Asli dan Palsu | Qerja

Cara Cepat Membedakan BPJS Kesehatan Asli dan Palsu

Qerja, 4 years ago
Cara Cepat Membedakan BPJS Kesehatan Asli dan Palsu

BPJS Kesehatan adalah jaminan asuransi bagi seluruh warga Indonesia. Pemerintah pun mewajibkan berbagai institusi untuk menyediakan fasilitas ini bagi para pegawai untuk memastikan kesejahteraan dan keamanan mereka di masa depan. Sayangnya, itikad baik dari fasilitas ini ternyata disalahgunakan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Beredar BPJS Kesehatan Palsu

Dilaporkan oleh kompas.com, kasus kartu BPJS palsu muncul di sebuah rumah sakit di Bandung. Menurut pelapor, kartu BPJS tersebut dinyatakan tidak berlaku ketika akan digunakan untuk berobat dan saat dicek, nomor register pada kartu ternyata tidak menyimpan data si pemilik kartu.

Berdasarkan penyelidikan awal, ternyata warga tersebut adalah salah satu dari ratusan warga Desa Kertajaya yang mendaftar secara kolektif menggunakan jasa relawan kesehatan untuk mendapatkan kartu BPJS beberapa waktu silam, begitu ungkap republika.com.

Menurut warga, relawan kesehatan tersebut menyebut bahwa program ini adalah subsidi bagi warga miskin dan mengutip biaya pembuatan sebesar Rp100,000. Diperkirakan ada 200 warga Desa Kertajaya yang saat ini tidak bisa menikmati pelayanan kesehatan umum karena memiliki kartu BPJS palsu.

Berdasarkan pengamatan sekilas dari Okezone.com, ada cara cepat untuk membedakan kartu BPJS Kesehatan asli dengan yang palsu.

Kartu BPJS Asli Palsu
Gambar latar Kepulauan Indonesia Tidak ada/polos
Tulisan di belakang Ada 3 peraturan pemakaian Ada 8 peraturan pemakaian
Print tulisan Jelas Buram
Barcode Rapi Berantakan

sumber: panduanbpjs

Pengecekan lebih mendetail

Pengecekan kartu BPJS secara fisik mungkin tidak selalu sesimpel itu, terlebih karena formatnya yang sederhana. Karenanya, Anda sebagai pemegang kartu diharapkan menghindari penggunaaan calo serta dapat mendaftar online untuk menghindari kerepotan dan pemalsuan.

Untuk memastikan apakah status Anda sebagai pemegang BPJS sudah terdata dapat dilakukan melalui aplikasi mobile Android BPJS Kesehatan yang dapat diunduh melalui Google Playstore. Anda juga dapat langsung menghubungi pusat Informasi melalui layanan Call Center 24 jam BPJS Kesehatan 1-500-400 atau nomor regional yang tercantum di laman BPJS.

Alternatif lain, Anda bisa mengecek validitas kartu ke Kantor Layanan Operasional Kabupaten setempat yang terdaftar di laman BPJS. —Qerja.com



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next