Lima Tips Memotivasi Pegawai Yang Kembali Kerja Usai Liburan | Qerja

Lima Tips Memotivasi Pegawai Yang Kembali Kerja Usai Liburan

Steffi Teowira, 2 years ago
Lima Tips Memotivasi Pegawai Yang Kembali Kerja Usai Liburan

Hari-hari pertama kembali kerja dari libur panjang biasanya adalah salah satu momen paling tidak produktif dalam keseharian pegawai. Post vacation blues tak hanya membuat mereka merasa malas dan hilang semangat. Jika dibiarkan, bahkan bisa berujung depresi.

Tanggung jawab untuk mengatasinya tidak seharusnya dilimpahkan seluruhnya pada pegawai, apalagi karena efeknya terasa langsung pada perusahaan. Untuk mengembalikan minat bekerja yang hilang paska liburan juga tidak sesederhana hanya berujar, “yang semangat, ya!”

Jika Anda sebagai atasan peduli pada kesejahteraan bawahan dan performa kerja mereka, berikut beberapa cara untuk memastikan mereka segera kembali produktif. Bonus: Anda juga bisa mempraktekkannya untuk diri sendiri!

1. Ajak berbincang

qc-jkt-2019

Alih-alih membiarkan pegawai langsung bekerja dan memberi mereka tugas begitu tiba di kantor, coba ajak mereka berkumpul untuk rapat tim kecil-kecilan dan berbincang soal kegiatan liburan. Sampaikan kalau Anda senang bisa kembali bekerja dengan mereka lagi dan Anda menghargai kontribusi mereka selama ini. Anda juga bisa menggunakan sesi rapat kecil-kecilan ini untuk meminta feedback dari pegawai dan mendorong mereka untuk berbagi ide segar.

Dengan begitu, para pegawai yang sebelumnya kehilangan minat terhadap pekerjaannya akan kembali merasa lebih terlibat. Tindakan kecil Anda juga akan diapresiasi karena menunjukkan bahwa hidup pribadi dan pandangan profesional mereka dihargai oleh perusahaan.

2. Beri waktu adaptasi

Sekembalinya mereka ke tempat kerja, lazim jika performa pegawai akan sedikit menurun. Karena itu, jangan mengharapkan pegawai untuk langsung bisa bekerja dengan produktivitas tinggi seperti biasanya. Terutama selepas libur panjang, pegawai kerap dirundung dilema mental seperti semangat rendah hingga melankoli.

fakta post vacation blues

Sebisa mungkin, beri keringanan selama beberapa hari agar mereka bisa kembali menyesuaikan diri pada ritme kerja biasanya, misalnya dengan meniadakan rapat besar atau tidak memberi mereka proyek penting di hari-hari pertama.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next