Tradisi Halal bi Halal di Kantor | Qerja

Tradisi Halal bi Halal di Kantor

Eka Utami, 2 years ago
Tradisi Halal bi Halal di Kantor

Hari pertama bekerja setelah libur panjang pasti terasa berat. Suasana liburan yang berkesan masih terasa di udara. Pegawai masih berat melangkahkan kaki ke kantor. Karyawan masih enggan duduk di depan komputer dan langsung bekerja.

Tapi, sebenarnya tak ada alasan untuk malas ke kantor. Toh, hari kerja pertama setelah cuti Lebaran juga tidak akan tidak efektif. Biasanya, sekitar seperempat sampai setengah jam kerja pada hari tersebut akan digunakan untuk Halal bi Halal.

Menurut Rmol.co, Halal bi Halal adalah seremonial yang melibatkan sekumpulan orang untuk saling minta maaf dan memaafkan. Awalnya, tradisi ini diperkenalkan oleh Buya Hamka kepada Presiden Soekarno. Hingga hari ini, Halal bi Halal terus dilakukan di berbagai perusahaan dan instansi pada hari kerja pertama setelah cuti Lebaran.  Berikut beberapa hal yang biasa dilakukan saat tradisi Halal bi Halal di kantor.

Salam-salaman

qc-jkt-2019

Hari Raya Idul Fitri identik dengan bermaafan. Maka, ketika tiba di kantor, Anda pasti langsung mencari atasan dan rekan untuk bersalaman dan meminta maaf satu sama lain. Anda akan berkeliling ruangan untuk menyapa semua orang yang sudah hadir terlebih dahulu. Anda juga akan berdiri menyambut teman kantor yang datang belakangan untuk saling bermaafan. Sebenarnya, Anda sudah mengirimkan pesan Lebaran dan meminta maaf di media sosial atau lewat aplikasi chatting kepada mereka. Tapi, kalau belum bermaafan langsung, rasanya belum afdhol.

Di beberapa instansi, acara salam-salaman ini digelar dengan cara yang lebih resmi. Pegawai akan berbaris untuk bersalaman dengan pimpinan. Kemudian, pegawai yang bersalaman lebih dulu akan berdiri di samping pimpinan untuk bersalaman dengan semua orang. Barisan salaman ini bisa sangat panjang. Anda harus berjabat tangan dengan puluhan atau bahkan seratusan orang.

Menurut Diy.go.id, acara salam-salaman Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Daeah Istimewa Yogyakarta saja bisa berlangsung selama 45 menit. Maka, beberapa orang berinisiatif untuk datang ke kantor lebih pagi, sekitar pukul 06.00 agar tidak perlu berada di barisan belakang.

Makan-makan



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next