Lima Peralatan Kantor Tahun 90-an Yang Dianggap Kuno | Qerja

Lima Peralatan Kantor Tahun 90-an Yang Dianggap Kuno

Steffi Teowira, 2 years ago
Lima Peralatan Kantor Tahun 90-an Yang Dianggap Kuno

Perkembangan zaman yang membawa kemajuan teknologi menyebabkan sejumlah peralatan kantor mulai ditinggalkan karena sudah tidak praktis dan dianggap ketinggalan zaman. Perangkat-perangkat ini di eranya dianggap sebagai produk inovasi terdepan, namum kini sudah sulit ditemukan di kantor modern.

Meski begitu, menariknya, beberapa peralatan di daftar ini juga masih aktif digunakan di berbagai sektor dan industri. Mungkin Anda sendiri masih menggunakannya?

1. Mesin faks

mesin faks
Sumber: Shutterstock

Populer di tahun 70-an hingga 90-an, posisi mesin faks dipinggirkan oleh kemunculan internet, email, dan IM yang membuat proses komunikasi jauh lebih efisien. Meski begitu, setidaknya di beberapa daerah di Amerika Serikat, dokumen kontrak yang di-scan dan hanya dikirim dalam format PDF tidak dianggap legal, sehingga pengiriman melalui faks adalah satu-satunya metode yang valid.

qc-jkt-2019

2. Mesin ketik

mesin ketik
Sumber: framepool.com

Sebelum kedatangan keyboard PC, mesin ketik bisa dibilang adalah kebutuhan utama di setiap kantor. Meski mulai dianggap barang antik di pertengahan tahun 90-an, penggunaan mesin ketik sekarang masih bisa ditemui di kantor pemerintahan. Mesin ketik juga dianggap aman karena tidak bisa diretas atau disisipi virus.

3. Kertas karbon



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next