Empat Kesalahan Yang Terjadi Saat Melatih Pegawai Baru | Qerja

Empat Kesalahan Yang Terjadi Saat Melatih Pegawai Baru

Steffi Teowira, 2 years ago
Empat Kesalahan Yang Terjadi Saat Melatih Pegawai Baru

Pelatihan yang memadai adalah fondasi dari karier cemerlang dalam sebuah perusahaan. Tidak hanya untuk fresh graduate, program pelatihan juga akan membantu mengkondisikan pegawai berpengalaman yang datang dari budaya perusahaan berbeda.

Meski dianggap penting, sesi training kadang rawan kesalahan sehingga hasilnya kurang optimal. Berikut beberapa yang perlu Anda hindari.

1. Terlalu diburu-buru

Seringkali, perusahaan ingin pegawai baru segera terjun bekerja dan mencapai hasil. Meski kegelisahan perusahaan ini bisa dimengerti, pegawai baru bisa jadi mengadopsi proses kerja “asal cepat siap” dan jika masih asing dengan industri ini, mereka akan kesulitan menyerap semua informasi baru. Alhasil, sesi pelatihan yang terlalu singkat dan terburu-buru malah membawa efek negatif yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan.

2. Memilih orang yang salah untuk melatih

Metode pelatihan kelas atas pun tidak akan efektif jika diajarkan oleh trainer yang tidak kompeten. Seseorang yang ahli dalam bidangnya belum tentu bisa menjadi guru yang baik. Trainer ideal tak hanya menguasai materi, namun juga siap sedia menerima dan membimbing trainee setiap saat.

Karena itu, penting sekali bagi perusahaan untuk memilih individu yang memang tertarik untuk menjadi mentor dan mampu menyeimbangkannya dengan kewajiban kerja; sesi pelatihan tidak seharusnya sampai mempengaruhi produktivitas dan hasil kerja si trainer itu sendiri. Pengaturan porsi kerja dari manajemen perlu diperhatikan untuk hal ini.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next