Usia Puncak Kemampuan Otak: Paling Kreatif di Usia 25 Tahun | Qerja

Usia Puncak Kemampuan Otak: Paling Kreatif di Usia 25 Tahun

Steffi Teowira, 1 year ago
Usia Puncak Kemampuan Otak: Paling Kreatif di Usia 25 Tahun

Usia tua kerap identik dengan menurunnya kemampuan belajar. Memang benar kalau ada beberapa aspek dalam diri manusia yang mulai merosot di titik paruh baya, tapi komunitas sains kini percaya bahwa setiap individu mencapai kemampuan maksimal fungsi pembelajaran otak di fase hidup berbeda, bahkan ada kemampuan otak yang malah mencapai kondisi puncak di usia tua.

Yang muda yang berkarya?

Para psikologis Massachusetts Institute of Technology bekerja sama dengan Massachusetts General Hospital untuk melakukan riset terhadap kurang lebih 50.000 individu dari usia 10 hingga 89. Para responden ini dites kemampuan berbahasa, IQ, dan memori serta mengukur kemampuan mengolah emosi, angka, dan kosa kata.

Menurut hasil studi, kemampuan untuk memproses informasi dengan cepat tampak mencapai puncaknya di usia 18 dan 19 tahun. Otak masih kompeten mengolah memori singkat hingga sekitar usia 25 tahun, dan setelahnya, kemampuan ini perlahan menurun ketika mencapai usia 35 tahun.

Diteliti oleh ahli berbeda untuk Harvard, kemampuan mental lain, seperti mengingat nama kenalan baru, terpantau paling tinggi saat Anda berusia 23 hingga 24. Sementara itu, kemampuan mengenali wajah mencapai kapabilitas maksimal di usia 30 hingga 34 tahun.

Puncak kreativitas dan pengambilan keputusan dengan cepat tampaknya terjadi di usia 20-an, dan memuncak saat berusia 25 tahun, menurut sebuah studi terpisah.

Matang di usia tua



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next