Wejangan Soekarno Untuk Pekerja Masa Kini | Qerja

Wejangan Soekarno Untuk Pekerja Masa Kini

Qerja, 3 years ago
Wejangan Soekarno Untuk Pekerja Masa Kini

Seorang negarawan dan orator ulung, pidato dan ucapan Bung Karno selalu menginspirasi dan membuat audiensnya berapi-api untuk bangkit meraih mimpi. Beberapa dekade lalu, perkataan-perkataan Presiden pertama Indonesia ini memantik semangat untuk membela negara dan mempertahankan kesatuan bangsa.

Fast forward ke abad 21, sejumlah kutipan beliau pun masih relevan untuk dipegang teguh oleh kita para pejuang di tempat kerja.

1. “Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-membantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lopis-kuntul-baris buat kepentingan bersama!”

Dari posisi terbawah hingga C level, sebuah perusahaan adalah hasil kerja sama tim yang saling menyokong pergerakannya hari demi hari. Anda mungkin merasa porsi pekerjaan Anda terasa kurang berarti, tapi setiap anggota punya perannya sendiri yang membantu menggerakkan roda-roda mekanisme perusahaan. Pihak perusahaan tidak akan mempekerjakan Anda jika dirasa Anda tidak dapat menyumbang kontribusi.

Walau tidak terlalu terasa, hasil kerja optimal Anda akan mengembangkan perusahaan untuk mencapai tujuannya dan di penghujung hari, keuntungannya pun dapat dinikmati seluruh lapisan sesuai tanggung jawab dan hak masing-masing. Jadi, jangan pernah merasa peran Anda terlalu kecil.

2. “Negeri kita kaya, kaya, kaya-raya, Saudara-saudara. Berjiwa besarlah, berimagination. Gali! Bekerja! Gali! Bekerja! Kita adalah satu tanah air yang paling cantik di dunia.”

Passion adalah salah satu hal yang menjadi penuntun banyak orang dalam menjalani karier. Namun tidak semua orang tahu pasti apa passion mereka atau bahkan ada yang merasa tidak punya satu passion berarti. Kalau Anda punya, great. Jika tidak atau belum tahu, tidak apa! Banyak individu sukses yang di awal kariernya harus mencoba-coba di berbagai bidang sebelum menemukan satu sektor yang mereka minati.

Intinya di sini adalah untuk tidak berhenti mencoba dan menggali potensi Anda. Kembangkan sayap Anda dan buka diri untuk segala peluang yang ada. Di tengah perjalanan ini, mungkin Anda akan menambatkan hati pada satu jalur karier. Jika tidak, Anda tetap akan mendapat pengalaman hidup yang kaya.

3. “Jikalau ingin menjadi satu bangsa yang besar, ingin menjadi bangsa yang mempunyai kehendak untuk bekerja, perlu pula mempunyai “imagination!”… Kita yang dahulu bisa menciptakan candi-candi besar seperti Borobudur dan Prambanan, terbuat dari batu yang sampai sekarang belum hancur; kini kita telah menjadi satu bangsa yang kecil jiwanya, saudara-saudara!”

Senada dengan kutipan sebelumnya, Anda adalah individu yang penuh potensi, tapi mungkinkah Anda saat ini mudah puas dengan apa yang Anda miliki? Poin ini terutama kami tujukan pada Anda yang dalam hati tahu kalau sebetulnya Anda bisa melakukan dan mendapat lebih, bahwa mungkin waktu Anda di tempat kerja saat ini sudah habis karena Anda tidak lagi merasa tertantang. Namun karena satu atau alasan lainnya, Anda enggan mencoba melirik peluang baru.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next