Profesi yang Berperan Dalam Proklamasi Kemerdekaan 1945 | Qerja

Profesi yang Berperan Dalam Proklamasi Kemerdekaan 1945

Qerja, 4 years ago
Profesi yang Berperan Dalam Proklamasi Kemerdekaan 1945

Anda tentu kenal tokoh-tokoh utama seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, Fatmawati, dan beberapa lainnya. Kebesaran nama mereka tanpa sengaja menutupi beberapa nama lain yang juga turut berjasa melancarkan dan mendokumentasikan peristiwa bersejarah ini. Ayo kenali siapa saja tokoh-tokoh lain ini.

1. Frans Mendur, fotografer

                                                        sumber foto: merdeka.com

Mayoritas warga Indonesia tentu familiar dengan potret peristiwa bersejarah yang satu ini. Namun tidak banyak yang mengenal sosok di balik foto-foto legendaris ini. Frans Mendur yang merupakan seorang wartawan beserta saudaranya Alex Mendur turut hadir mengabadikan kejadian tanggal 17 Agustus 1945 tersebut. 

2. dr. Moewardi, dokter


Dokter spesialis THT lulusan STOVIA ini berperan penting dalam memastikan kelancaran upacara proklamasi. Sehari sebelum peristiwa bersejarah ini, ia memerintahkan Barisan Pelopor untuk menjaga keamanan lokasi Pegangsaan Timur yang rencananya akan digunakan sebagai tempat pembacaan teks proklamasi. Ia juga membacakan teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang disusun oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next



Punya masalah dan dilema karir?
Kini kami punya solusi untuk Anda.

Ask the Expert!
Ikuti Kami