Cara Memberi Masukan Produktif untuk Karyawan | Qerja

Cara Memberi Masukan Produktif untuk Karyawan

Eka Utami, 3 years ago
Cara Memberi Masukan Produktif untuk Karyawan

Salah satu tantangan menjadi manajer adalah mengelola sumber daya manusia. Anda harus bisa memotivasi pegawai agar mau mengeluarkan usaha untuk bekerja dengan optimal. Hal ini bisa Anda lakukan pada saat sesi evaluasi. Anda harus bisa memberi masukan pada staf agar bisa lebih produktif.

Manajer harus memahami kondisi psikologis seseorang yang mendapat masukan atau teguran. Terkadang, seseorang merasa takut dan cemas saat mendengat kata-kata, “Apakah saya bisa memberi sedikit masukkan?” Staf Anda bisa saja menerjemahkan kata-kata itu dengan, “Apakah saya bisa mengkritik Anda habis-habisan?” Kemudian, sesi evaluasi akan menjadi ajang adu argumen. Manajer sebagai pihak yang lebih berkuasa dalam posisi menyerang. Sementara staf Anda dalam posisi bertahan dan terus berdalih.

Sesi evaluasi pegawai memang bisa menjadi proses yang rumit. Tapi, manajer harus tetap percaya bahwa masukan yang Anda berikan bisa membantu mengidentifikasi masalah yang dihadapi bawahan. Pada akhirnya Anda bisa membantu menyelesaikan masalahnya dan membuatnya produktif bekerja. Berikut ini adalah lima kiat memberi masukan produktif untuk karyawan seperti disarikan dari Entrepreneur.com.

Menciptakan rasa aman. Menurut ahli syaraf dari Universitas Columbia Kevin Ochsner, orang yang menerima masukan hanya menerapkan 30 persen dari semua saran yang diberikan. Hal ini terjadi jika orang yang menerima nasihat tidak merasa nyaman.

Orang cenderung tidak mau mendengar saran dari seseorang yang tidak ada hubungan pertemanan. Manajer tidak boleh bersikap kejam saat menyampaikan masukan. Jangan sampai And membuat karyawan merasa buruk dan bodoh di depan rekan-rekannya. Hal itu malah membuat masukan Anda tidak berguna.

Manajer harus menjaga kesopanan saat memberi masukan kepada bawahan. Anda juga harus bisa membangun kepercayaan diri. Cara itu sangat efektif untuk mendorong produktivitas orang-orang mengharapkan penilaian. Keadaan nyaman yang Anda ciptakan membuat bawahan bisa menerima penilaian dengan baik dan menerapkannya pada pekerjaan sehari-hari.

Masukan positif. Ada dua jenis masukan yang bisa disampaikan selama sesi evaluasi: masukan positif dan negatif. Masukan positif adalah sebuah penghargaan untuk pegawai yang sudah bekerja dengan baik sehingga meningkatkan kinerjanya. Masukan positif menstimulasi pusat penghargaan di otak. Penerima pesan akan menanggapi masukan dengan terbuka.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next