Gaji dan Bonus Pemain Bulutangkis Indonesia | Qerja

Gaji dan Bonus Pemain Bulutangkis Indonesia

Qerja, 4 years ago
Gaji dan Bonus Pemain Bulutangkis Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus lalu, duo ganda campuran Liliyana Natsir-Tontowi Ahmad menyumbangkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro. Prestasi mereka ini tentu disambut sorak sorai seluruh warga Indonesia karena dianggap telah memberi hadiah kemerdekaan Indonesia. Bagaimana apresiasi negara terhadap pahlawan-pahlawan bulutangkis ini?

Sumber pendapatan atlet bulutangkis dalam negri 

Dilaporkan oleh Jawa Pos, ada empat hingga lima sumber pendapatan bagi atlet bulutangkis Indonesia, yaitu kontrak individu, hadiah kejuaraan dari dalam maupun luar negri, bonus dari sponsor, bonus dari klub, dan bonus dari pemerintah. 

Pemain pelatnas bisa mendapatkan kontrak individu dari sponsor produk dan nominalnya berbeda-beda sesuai value si pemain. Nilai value ini ditentukan beberapa hal, mulai dari ranking BWF, usia pemain, catatan prestasi terbaru, riwayat cedera, dan penampilan si atlet. Kadang kala, sponsor juga mencari atlet yang rupawan untuk dijadikan brand ambassador.

Tutur sumber yang bicara pada Jawa Pos, untuk pemain level elite A (top ten di setiap kategori) seperti Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir, nilainya bisa lebih dari Rp1 milyar per orang per tahun. Sementara untuk level elite B (ranking 11–20) bisa hingga Rp500 juta. Menurut Kabid Pemasaran dan Sponsorship PP PBSI Yoppy Rosimin, kontrak batas bawah saja mencapai Rp25 juta per tahun.

Dari sponsor, selain dana, pemain juga memperoleh pasokan peralatan tanding dan apparel, plus tambahan bonus jika memenangi satu turnamen. 

Nilai hadiah kejuaraan yang diikuti juga sama sekali tidak kecil. Kejuaraan BCA Indonesia Open 2015 lalu saja total hadiahnya Rp10 miliar. Menurut bola.com, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad memperoleh sekitar 70.677 dollar AS (Rp962 juta) dari total hadiah turnamen yang mereka ikuti pada tahun 2015. Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan memperoleh penghasilan dari hadiah turnamen sebesar 86.101 dollar AS (Rp1.17 milyar).



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next