Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses | Qerja

Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses

Eka Utami, 2 years ago
Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses

Pemimpin perusahaan tidak punya banyak waktu untuk sebuah sesi wawancara kerja. Mereka tidak akan membuang waktu untuk pertanyaan bodoh dan tidak relevan. Biasanya, para pemimpin ini punya satu pertanyaan favorit yang ingin diajukan kepada kandidat pegawai. Satu pertanyaan ini bisa mengungkapkan tentang segala hal yang ingin diketahui tentang calon karyawan. Berikut pertanyaan wawancara kerja dari para pemimpin bisnis seperti disarikan dari Businessinsider.com.

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk
Menurut biografi “Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan Quest for a Fantastic Future,” CEO Tesla dan SpaceX suka meminta kandidat memecahkan teka-teki. Cara ini dilakukan untuk menguji kecerdasan calon pegawai. Satu contoh pertanyaan yang akan dilontarkan Musk kira-kira seperti ini: “Anda berdiri di atas permukaan bumi. Anda berjalan satu mil ke selatan, satu mil ke barat, dan satu mil ke utara. Anda berakhir persis (di tempat) seperti yang Anda mulai. Dimana Anda sekarang?” Ada beberapa jawaban yang dianggap benar, salah satu jawabannya adalah: Kutub Utara.

CEO Zappos Tony Hsieh

Salah satu nilai inti Zappos adalah “menciptakan kesenangan dan sedikit keanehan,” demikian pernyataan Tony Hsieh, CEO perusahaan tersebut, mengatakan kepada Business Insider. Jadi, untuk memastikan bahwa Zappos mempekerjakan kandidat yang benar, Hsieh biasanya mengajukan pertanyaan: “Dalam skala satu sampai 10, betapa anehnya Anda?” Sebenarnya Hsieh tidak mementingkan jawaban berupa angka. Tapi, Hsieh juga tidak terlalu tertarik dengan pelamar kerja yang terlalu “biasa”. Jika calon pegawai menjawab satu, “Anda mungkin sedikit terlalu “lurus” untuk budaya Zappos,” katanya. Sebaliknya, Hsieh juga tidak mau pegawai yang berlebihan. “Jika Anda menjawab 10, Anda mungkin terlalu gila untuk kami,” ujar Hsieh.

Pertanyaan lain yang biasanya diajukan oleh Zappos adalah: “Dalam skala satu sampai 10, seberapa beruntungnya Anda dalam hidup ini?” Sekali lagi, angka tidak masalah. Tapi, jika menjawab satu, maka Anda tidak tahu mengapa hal buruk selalu terjadi pada diri sendiri. Kemudian, Anda bisa saja menyalahkan orang lain. Jika menjawab 10, Anda tidak mengerti mengapa hal baik sepertinya selalu terjadi pada Anda.

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia Facebook Lori Goler

Ketika Anda melamar ke Facebook dan mendapat kesempatan diwawancarai oleh Lori Goler, maka dia akan bertanya: “Pada hari yang sempurna di tempat kerja, aktivitas apa yang memungkinkan Anda “get in the zone” dan melakukan pekerjaan hebat?” Goler menyarankan agar kandidat pegawai menjawab pertanyaan dengan menonjolkan kelebihan masing-masing.

Pendiri Virgin Group Richard Branson



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next