Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses | Page 2 | Qerja

Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses

Eka Utami, 2 years ago
Pertanyaan Wawancara Kerja dari Para Pemimpin Perusahaan Sukses

Pendiri Virgin Group Richard Branson menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “The Virgin Way: Everything I Know About Leadership,” bahwa dia bukan penggemar wawancara kerja tradisional. “Jelas sebuah CV yang baik itu penting, tapi jika Anda mau mempekerjakan seseorang berdasarkan apa yang mereka katakan tentang diri sendiri di atas kertas, Anda tidak perlu membuang waktu untuk wawancara,” tulis Branson. Karena itulah dia suka bertanya: “Apa yang tidak sempat Anda disertakan dalam resume?”

Co-Founder Paypal Peter Thiel

Rekan pendiri PayPal Peter Thiel selalu mempekerjakan orang-orang yang tidak takut untuk mengungkapkan pendapat. Untuk itu, Thiel selalu memberikan pertanyaan wawancara seperti ini: “Katakan sesuatu yang benar, tapi tidak disetujui oleh sebagian besar orang.” Dalam sebuah wawancara tahun 2012, Thiel mengatakan alasannya pertanyaan ini adalah: “Ini semacam tes untuk orisinalitas pemikiran, dan sampai batas tertentu, tes untuk keberanian Anda dalam berbicara dalam konteks wawancara yang sulit.”

CTO Oracle Larry Ellison

CTO Oracle Larry Ellison hanya mau mempekerjakan karyawan yang sangat berbakat dan sangat cerdas. Maka, dia akan meminta perekrut Oracle menanyakan pertanyan ini: “Apakah Anda orang paling cerdas dari semua orang yang Anda tahu?” Jika kandidat menjawab “iya,” mereka akan dipekerjakan. Jika mereka menjawab “tidak,” perekrut akan bertanya, “Siapa?” Kemudian mereka akan mencoba mempekerjakan orang lain yang disebutkan itu. Profesor Bisnis, Dartmouth Sydney Finkelstein dalam buku barunya, “Superbosses” mengatakan bahwa bos super seperti Ellison cukup percaya diri dengan kemampuan sendiri sehingga tidak khawatir dengan kelebihan karyawan. Mereka mempekerjakan orang-orang yang lebih cerdas dari orang-orang di perusahaan. Mereka berharap para karyawan tersebut akan menantang dan datang dengan Ide dan solusi yang lebih baik untuk satu masalah.

Pendiri Dropbox Drew Houston

Pendiri Dropbox Drew Houston yang baru berusia 33 tahun mengatakan memiliki lima pertanyaan yang disukai untuk dilemparkan kepada kandidat pegawai. 1. Menurut Anda, siapa orang yang terbaik dalam bidang yang Anda kerjakan? 2. Siapakah influencer Anda? 3. Apa yang telah Anda pelajari tahun lalu? 4. Jika Anda bisa kembali ke waktu 10 tahun lalu, saran apa yang akan Anda berikan kepada diri sendiri di masa muda? 5. Apa pelajaran terpenting yang telah Anda ambil? Houston menjelaskan bahwa pertanyaan-pertanyaan ini membantu membedakan apakah seorang kandidat bergairah (dalam pekerjaan) untuk punya keinginan untuk terus meningkatkannya. “Saya tertarik pada orang-orang yang sangat mencintai keahliannya sendiri, dan memperlakukannya seperti kerajinan tangan, dan selalu berusaha menjadi lebih baik dan terobsesi,” katanya. –Qerja.com

Sumber Foto: Flickr



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next