Budi Legowo: Dari Engineering, Pendidikan Hingga CFO Siloam

Oleh Steffi Teowira, 6 years ago

Bagaimana caranya Anda bertahan dan melewati tantangan-tantangan sepanjang jalan?

Tidak semua hubungan interpersonal itu ujungnya akan sukses. Yang pertama, jangan menyerah. Yang kedua, selalu siap untuk menerima kegagalan dan move on. Jangan biarkan kegagalan itu menghantui kita. Biarkan yang sudah terjadi membentuk kita dan menjadi sumber pelajaran.

Anda pernah bekerja baik di perusahaan multinasional dan nasional, di luar negri dan di Indonesia. Apa perbedaan signifikan yang Anda rasakan dari kedua jenis perusahaan tersebut?

Budaya korporatnya beda dan ini yang membuat hubungan antar kolega di dalamnya berbeda. Selain itu, di perusahaan multinasional juga sistemnya sudah tersusun dan sudah jelas.

Budaya perusahaan bagaimana yang Anda rasa ideal?

Budaya di mana pegawai yang masuk merasa kalau dia tidak hanya bekerja untuk perusahaan itu, tapi juga bekerja untuk mengembangkan dirinya sendiri, sehingga kepentingan individu dan kepentingan korporat jadi sejalan tanpa terasa dipaksa. Ini sama sekali tidak mudah untuk dicapai.

Apakah Anda pernah merasa ketidakcocokan dengan budaya di tempat kerja? Bagaimana Anda mendeteksi dan mengatasinya?

Ketidakcocokan itu biasa langsung terasa begitu saja. Kalau sampai malas bangun malas pergi kerja, buat apa? Kalau sudah begitu, buat keputusan dengan cepat dan segera move on. 

Apakah  ada  kebiasaan  atau  rutinitas  yang  bisa Anda anjurkan untuk dilakukan setiap hari?

Kebiasaan ini lebih ke mental attitude: jangan gampang menyerah, belajar move on, dan apapun dalam hidup itu jangan terlalu dibawa hati. Jika semua yang kita punya dan lakukan di kehidupan ini cuma sementara, buat apa dimasukkan ke dalam hati? Tapi bukan berarti karena semuanya cuma sementara, kita jadi hura-hura nggak jelas. Sesuai dengan kepercayaan masing-masing, tentu kita punya tujuan dalam hidup.

Kalau bisa memilih satu super power untuk dimiliki,  Anda ingin punya super power apa?

Saya ingin bisa melihat masa depan karena dengan begitu, saya bisa melakukan sesuatu untuk mengubahnya

Apa  yang  membuat semua yang Anda kerjakan ini terasa worth it in the end?

Memberikan kembali kepada masyarakat dan bekerja di Lippo memberi saya kesempatan ini. Lippo punya visi besar untuk memberi impact besar pada lingkungan, untuk membangun sesuatu yang bisa berguna untuk masyarakat luas. —Qerja.com 


Sebelumnya

Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami



Read This Next



Tweets
Ikuti Kami