Menurut Penelitian, Ini Empat Cara Agar Berhenti Overthinking | Qerja

Menurut Penelitian, Ini Empat Cara Agar Berhenti Overthinking

Steffi Teowira, 3 years ago
Menurut Penelitian, Ini Empat Cara Agar Berhenti Overthinking

Tidak berguna, tidak produktif, dan tidak masuk akal. Ya, semua ini bisa digunakan untuk mendeskripsikan tindakan berpikir yang berlebihan atau overthinking. Anda mengulang-ulang satu skenario di pikiran.

Overthinking hampir selalu berujung membuat Anda cemas, mudah stress, dan plin-plan; semakin banyak permasalahan yang Anda ulang-ulang di benak, kemungkinan besar semakin Anda merasa down. Stop mengubur diri dalam labirin masalah dan coba solusi yang didukung bukti dan hasil penelitian sains di bawah ini.

1. Mencoba meditasi

Meditasi punya efek terhadap aktivitas otak yang mengatur pikiran dan emosi, begitu yang ditemukan sebuah hasil riset. Studi tersebut menyatakan bahwa hanya dengan 20 menit sesi meditasi, individu bisa menurunkan level kecemasan yang diasosiasikan dengan terlalu banyak berpikir.

2. Menulis isi pikiran

Jika otak Anda terlalu penuh hingga tak bisa tidur di malam hari, tuangkan isi pikiran ke bentuk tulisan. Dengan menuangkannya, Anda akan memberi ruang bagi otak untuk rileks karena tidak harus mengingat terlalu banyak informasi.

Selain itu, Satu studi membandingkan kelompok murid yang gugup menghadapi tes. Mereka yang menuliskan isi pikiran dan kecemasan mendapat hasil tes lebih tinggi dibanding yang tidak.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next