Tujuh Hal Yang Sebaiknya Dirahasiakan di Tempat Kerja | Qerja

Tujuh Hal Yang Sebaiknya Dirahasiakan di Tempat Kerja

Steffi Teowira, 3 years ago
Tujuh Hal Yang Sebaiknya Dirahasiakan di Tempat Kerja

Kepribadian Anda di lingkungan kerja dan di luarnya tentu sedikit banyak berbeda, begitu pula dengan cara Anda membawa diri dan berprilaku. Anda mungkin dikenal serius di kantor, tapi sebenarnya santai di luar. Jika lingkungan kerja tergolong santai dan Anda punya banyak teman, bisa jadi dua sisi kepribadian ini akan tergabung menjadi satu.

Meski begitu, senyaman apapun Anda dengan lingkungan kerja dan sedekat apapun hubungan Anda dengan kolega, ada beberapa hal yang sebaiknya tetap disimpan sebagai rahasia agar profesionalisme dan kredibilitas profesional Anda utuh.

Untuk ambil aman, jangan “bocor” soal beberapa hal ini.

1. Anda sedang mencari pekerjaan baru

Jika Anda baru menghadiri wawancara dengan perusahaan baru atau “dirayu” rekruiter, jangan sebar-sebar informasi ini sampai ada kepastian kalau Anda sudah menerima tawaran kerja tertulis. Pertama-tama, ada kemungkinan Anda gagal. Selain itu, jika Anda terus mengatakan akan segera keluar padahal belum pasti, Anda sudah dianggap bukan bagian dari perusahaan.

2. Anda menjalin hubungan asmara dengan kolega atau atasan

Menjalin hubungan asmara dengan rekan kerja atau bos adalah keputusan penuh risiko yang kadang kala bisa terasa terlalu berat untuk ditanggung sendiri. Meski Anda tergoda untuk curhat pada teman kerja, sebaiknya jangan diceritakan pada siapapun. Tak hanya tidak profesional, jika hubungan itu berakhir, Anda bisa jadi diburu kolega untuk mendapat cerita.

3. Anda habis pesta heboh di akhir pekan

Tidak perlu menyebar cerita kalau Anda baru mabuk-mabukan dan hedon di akhir pekan, kecuali industri kerja Anda memang mendukung aktivitas ini. Mayoritas perusahaan di Indonesia masih cenderung konvensional dan mengumbar kisah seperti ini di lingkungan profesional paling tidak bisa membuat Anda target gosip kantor.



Berlangganan Artikel Kami

Dapatkan tips karir terbaru dengan berlangganan artikel kami

Related Posts

Read This Next